Debat Panas Senior PDIP vs NasDem soal Ganjar Pranowo Jadi Bacapres

ADVERTISEMENT

Debat Panas Senior PDIP vs NasDem soal Ganjar Pranowo Jadi Bacapres

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 22:28 WIB
Jakarta -

Senior PDIP Panda Nababan menyindir etika NasDem yang menjadikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres). Senior NasDem Zulfan Lindan pun membalas pernyataan Panda.

Debat panas ini terjadi dalam acara Adu Perspektif bertema "Langkah Catur Queen & King Maker" yang disiarkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik.

"Ini pentasnya ceremony, resmi daripada partai. Jadi bukan kumpulan orang dan segala macam, ini (NasDem) resmi terorganisir, tersistem dan dari Rakernas, tentu ada etikanya," kata Panda, Rabu (20/7/2022).

Panda menyarankan agar NasDem berkomunikasi terlebih dahulu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum mencalonkan Ganjar Pranowo.

"Ada wanti-wanti 'eh kita minta Ganjar'. Kita omongin dulu, diomongin aja sih nggak ada salahnya kan? 'kami bikin Ganjar ya'" jelas Panda.

Zulfan Lindan membalas pernyataan Panda. Menurutnya, pemilihan Ganjar Pranowo sebagai bacapres hanya sebatas usulan.

"Ini kan baru usulan, belum ada keputusan, nanti kalau mau diputuskan misalkan Surya Paloh memutuskan Ganjar, pasti itu komunikasi pasti," jelas Zulfan.

Jika Ganjar sudah terpilih sebagai capres NasDem, Zulfan yakin Surya Paloh akan berkomunikasi dengan Megawati.

"Nanti kalau mau diputuskan, telepon Bu Mega, kita ketemu, dibicarakan. Tipenya Surya Paloh itu nggak mungkin nyelonong-nyelonong," lanjutnya.

Selain nama Ganjar Pranowo, terdapat dua nama lainnya yang masuk dalam daftar yang menjadi rekomendasi Partai NasDem, yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ganjar pun sempat menanggapi dirinya yang masuk sebagai bakal capres NasDem. Ia tegas menyatakan 'Saya PDIP'.

"Saya terima kasih mendapat kehormatan itu tapi saya PDI Perjuangan," kata Ganjar di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

(isa/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT