ADVERTISEMENT

Komnas HAM Bakal Analisis Seluruh Luka di Tubuh Brigadir Yoshua

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 21:13 WIB
Jakarta -

Komnas HAM memaparkan perkembangan pengusutan kasus meninggalnya Brigadir Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo. Terkini, Komnas HAM sudah memiliki data lengkap terkait luka yang dialami Brigadir J dan akan menganalisisnya.

"Komnas HAM sudah sangat memastikan bagaimana posisi luka dan kenapa luka itu terjadi," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, Rabu (20/7/2022).

Anam menyebut pihaknya akan menguji data luka Brigadir J itu bersama pakar. Rencananya pengujian hasil temuan luka Brigadir J itu akan dilakukan besok.

"Namun demikian kami akan menguji dengan ahli kami sendiri yang kami pakai. Besok kami bertemu dengan ahli untuk mengukur semua bahan yang kami temui. Apakah pertemuan sifatnya terbuka atau tertutup? tertutup," ungkap Anam.

Anam mengungkapkan, pihaknya juga sudah memiliki kronologi detail terkait insiden baku tembak tersebut.

"Komnas HAM semakin ketat memperoleh struktur kronologi peristiwa. Tidak hanya lihat hari per hari yang kami lihat, tapi bahkan kami lihat jam per jam dan lebih detail lagi," jelas Anam.

Lebih lanjut Anam mengatakan Komnas HAM sudah berkomunikasi dengan Tim Khusus bentukan Kapolri untuk meminta keterangan sejumlah pihak terkait. Namun Anam belum menjabarkan secara detail kapan hal tersebut akan dilakukan.

"Kami sudah berkomunikasi sebenarnya dengan teman-teman Timsus untuk menentukan kapan kami meminta keterangan terhadap pihak-pihak kepolisian," kata Anam.

"Saya sendiri yang berkomunikasi dengan mereka, dengan ketua timnya kami sudah membuat jadwal dan jadwal itu disepakati. Kapan waktunya tunggu kami akan umumkan," imbuhnya.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT