ADVERTISEMENT

Proyek TSTH2 Diapresiasi Luhut, Brantas: Kontribusi untuk Indonesia

Rhazes Putra - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 20:54 WIB
Brantas Abipraya
Foto: dok. Brantas Abipraya
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara (Sumut), melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Pollung, Kabupaten Humbang, Hasundutan, Sumatera Utara.

Proyek pembangunan yang sedang dikerjakan PT Brantas Abipraya (Persero) ini nantinya akan digunakan sebagai pusat riset dan inovasi pengembangan herbal dan hortikultura untuk penelitian pengembangan bibit hortikultura bertaraf internasional.

"Pembangunan TSTH2 ini adalah bukti komitmen Brantas Abipraya yang terus berkontribusi untuk Indonesia yang saat ini adalah mendukung terwujudnya pusat riset dan inovasi tanaman obat dan hortikultura bertaraf internasional. Resmi dimulai pengerjaannya hari ini, proyek yang dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 30 ha ini ditargetkan rampung pada akhir tahun ini," ucap Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Anas mengatakan dalam tinjauan proyek ini Menko Marves Luhut menyampaikan apresiasi kepada Brantas Abipraya selaku BUMN Karya. Pembangunan TSTH2 dinilai mendukung perkembangan kawasan Lumbung Pangan atau Food Estate di tingkat nasional.

Anas menambahkan, beberapa pekerjaan yang dibangun di antaranya adalah Gedung Riset Pertanian, pembangunan Gedung Riset Herbal-1, pembangunan mess karyawan, Gedung Utilitas Riset, pembangunan Screen House sebanyak tiga unit, pembangunan Smart Green House, Rumah Kontrol Pertanian, dan bangunan penunjang plus tambahan infrastruktur kawasan. Dibangun dengan prinsip bangunan ramah lingkungan, nantinya TSTH2 dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

"Sebagai agen pembangunan, Brantas Abipraya akan memperkuat komitmennya dengan selalu mendukung pemerintah dalam peningkatan dan percepatan infrastruktur nasional. Tentunya dengan menunjukkan kehadirannya yang selalu ada untuk Indonesia melalui karya konstruksinya yang unggul. Agar manfaat dari TSTH2 ini lekas dapat dirasakan, pengerjaannya akan kami pacu agar dapat tuntas dengan tepat waktu dengan kualitas terbaik," pungkas Anas.

Sebagai tambahan informasi, mulai dibangun dengan ditandai peletakan batu pertama (groundbreaking), pada Kamis (23/12/2021). Menko Marves Luhut, turut mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo, Wakil Menteri LHK Alue Dohong, dan Gubernur Sumut.

Lihat juga video 'Luhut Minta BPKP Audit Perusahaan Sawit: Jangan Mau Diatur-atur!':

[Gambas:Video 20detik]




(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT