ADVERTISEMENT

Guru di Kediri Ini Cabuli 8 Siswi SD, Kasusnya Berakhir Damai

Tim detikJatim - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 10:47 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto Ilustrasi Pencabulan Anak (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Kediri -

Oknum guru SD negeri berinisial IM (57) di Kota Kediri, Jawa Timur, mencabuli 8 siswanya. Oknum guru tersebut pun ditarik dan diperiksa Inspektorat.

"Sejak awal bulan Juli pelakunya sudah saya tarik ke Dinas (Pendidikan). Kemarin ditindaklanjuti oleh Inspektorat. Mulai pagi sampai malam kemarin diperiksa oleh pihak Inspektorat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto, seperti dilansir dari detikJatim, Selasa (19/7/2022).

Menurut Siswanto, oknum guru tersebut sebenarnya menjadi guru yang cukup digemari dan dijadikan idola oleh siswanya. Sedangkan siswa yang telah menjadi korban diungkapkan sebanyak 8 orang.

"Sebenarnya pelaku ini merupakan guru yang baik, dan banyak siswa yang dekat dan hormat atau dekat dengan siswanya. Namun entah kenapa ia tega melakukan perbuatan tersebut. Kepada saya ia mengaku 8 siswa," terang Siswanto.

Siswanto menjelaskan modus pelaku saat melancarkan aksinya yakni dengan memanggil siswa ke kelas. Saat di dalam kelas inilah pelaku melakukan pencabulan. Aksi terduga pelaku terbongkar setelah korban terakhir berteriak.

Orang tua yang dilapori tak terima dan langsung melaporkan kasus itu ke Dinas Pendidikan Kota Kediri. Sementara meski pelaku diperiksa inspektorat, tapi kasus itu berakhir damai antara pelaku dan korban. Menurut Siswanto, pelaku sendiri 3 tahun lagi akan menghadapi masa pensiun.

"Setelah kejadian itu keluarga saya panggil, keluarga datang di sini, salah satu permintaannya guru itu harus dipindah, ya saya turuti. Sudah saya pindah dan keluarga tidak ingin meneruskan ke ranah hukum dengan alasan masa depan anak," jelas Siswanto kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT