ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After PT KAI Atasi Bocor Rel Layang di Metropole Jakpus

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 17:02 WIB
Rel layang Bocor di Dekat Metropole: TUNTAS
Rel Layang Bocor di Dekat Metropole: TUNTAS (Fakhry/detikcom)
Jakarta -

Rel layang kereta api (KA) di dekat Metropole, Jakarta Pusat (Jakpus), bocor dan meneteskan air ke aspal Jl Pegangsaan Barat. Kini PT KAI telah selesai melakukan perbaikan dan membuat air tak lagi menetes.

Seseorang bernama Andhika mengadukan masalah jalan tergenang air dari rel layang melalui Twitter, pada Kamis (23/6/2022). Dia mengeluh air dari rel itu merusak permukaan jalan.

"Tetesan air bocor dari jalan layang kereta di Megaria sejak dulu tidak beres. Akibatnya, jalan di bawahnya menjadi korban. Berkali-kali rusak. Tanggung jawab siapa?" kata warga bernama Andhika via Twitternya, diakses detikcom pada Kamis (23/6/2022).

Andhika menyebut kondisi itu bertahun-tahun terjadi. Namun, yang diperbaiki adalah aspalnya, bukan kondisi rel yang bocor.

Kini, Selasa (19/7/2022), hampir sebulan berselang, PT KAI merampungkan perbaikan kebocoran. Tidak ada lagi air yang menetes ke aspal.

Jembatan KA di Metropole Jakpus masih bocor, 27 Juni 2022. (Mulia Budi/detikcom)Jembatan KA di Metropole Jakpus masih bocor, 27 Juni 2022. (Mulia Budi/detikcom)


Berikut ini perbandingan sebelum dan setelah atau before and after penanganan oleh PT KAI:

Before: Rel Layang Bocor

Salah seorang yang mengadukan masalah itu adalah Andhika. Melalui akun Twitter miliknya, Andhika menggambarkan kondisi air dari rel layang yang bocor, membasahi aspal.

Kondisi bocornya rel layang itu berada di dekat lampu merah sehingga beberapa kendaraan yang kebetulan berhenti di bawahnya akan merasakan tetesan air dari atas.

Adhika, yang sering melewati jalan itu, mengatakan kondisi itu sudah terjadi dalam beberapa tahun. Namun penanganan atau perbaikan hanya dilakukan pada bagian aspal.

Jembatan KA Metropole Jakarta Pusat, bocor, 22 Juni 2022. (Sumber: Warga bernama Andhika)Jembatan KA Metropole Jakarta Pusat, bocor, 22 Juni 2022. (Sumber: Warga bernama Andhika)

"Kondisi itu sudah berlangsung lama, bertahun-tahun, selalu bocor. Anehnya, yang diperbaiki aspal di bawahnya," kata Andhika saat dihubungi detikcom, Kamis (23/6).

Ketika detikcom meninjau ke lokasi, lokasi bocor itu berada di ruas kiri jembatan rel layang kereta api. Meski tidak berada tepat di tengah jalan, tetesan air itu tetap membasahi pengguna jalan yang berhenti di bawahnya saat lampu merah. Lubang kebocoran rel layang itu terlihat tidak terlalu besar.

After: Tidak Ada Air Menetes

PT KAI menyampaikan akan memperbaiki kondisi bocornya rel layang kereta api pada 29 Juli 2022. Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan, perlu proses perbaikan karena rel layang tersebut masih aktif.

Eva menyebut perbaikan telah dimulai sejak Jumat (24/6), lalu. Lobang pada rel tidak bisa langsung ditambal.

Kondisi jalan di bawah jembatan layang rel kereta dekat Metropole, Jakarta Pusat kering, Selasa (19/8/2022).Kondisi jalan di bawah jembatan layang rel kereta dekat Metropole, Jakarta Pusat kering, Selasa (19/8/2022). (Mulia Budi/detikcom)

"Proses dilakukan dari tanggal 24 lalu. Ini tidak bisa ditambal jadi harus dilakukan pemasangan pipa. Tidak bisa langsung ditambal karena nanti bisa berdampak ke prasarana jalur rel," ujarnya.

Meski tidak kasatmata dilihat dari bawah rel, perbaikan itu telah selesai. Pada Selasa (19/7/2022), sudah tidak ada lagi air yang menetes dari rel layang.

Aspal di Jl Pegangsaan Barat pun terlihat kering. Tak ada lagi pengendara atau kendaraan yang basah karena tetesan air.

Simak juga 'Pria yang Hendak Lecehkan Wanita di KRL Jakarta-Bogor Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT