Daftar Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Tertarik?

ADVERTISEMENT

Daftar Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Tertarik?

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 21:08 WIB
Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak yang Populer dan Sejarahnya
Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak yang Populer dan Sejarahnya | Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Jakarta -

Lomba 17 Agustus untuk anak-anak sangatlah beragam. Berbagai macam perlombaan diadakan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja lomba 17 Agustus untuk anak-anak dan sejarahnya.

Sejarah Munculnya Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Dilansir dari laman Indonesiabaik.id, sejarah lomba 17 Agustus mulai muncul pada tahun 1950-an.

Sejarah lomba makan kerupuk mulai muncul pada tahun 1950-an, sebagaimana yang dilansir dari laman Indonesiabaik.id. Mulai saat itu bermunculan lomba-lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Ada lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang, dan tarik tambang. Perlombaan itu bertujuan untuk menghibur rakyat setelah masa peperangan berakhir.

Sebab, pada tahun itu, kondisi politik dan keamanan negara sudah mulai kondusif, karena pada 1945 hingga 1950-an masih banyak peperangan yang mengharuskan rakyat Indonesia mempertahankan kemerdekaannya. Sehingga masyarakat tidak sempat merayakan kemerdekaan Indonesia dengan beraneka macam perlombaan dan perayaan meriah.

Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak yang Populer dan SejarahnyaLomba Makan Kerupuk: Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak yang Populer dan Sejarahnya | Foto: Istimewa

Lomba Makan Kerupuk dan Sejarahnya

Lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang populer pertama ada lomba makan kerupuk. Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba yang biasa diadakan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Lomba makan kerupuk cukup sederhana, hanya membutuhkan kerupuk dan tali saja. Dengan tangan diikat di belakang, peserta saling adu kecepatan untuk menghabiskan kerupuk yang digantung berjejeran.

Sejarah lomba makan kerupuk erat kaitannya dengan masa krisis ekonomi di Indonesia, sebagaimana dilansir dari media sosial Kemdikbud RI. Seperti diketahui kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap andalan bangsa Indonesia, bahkan sejak tahun 1930-1940 an.

Kala itu krisis ekonomi melanda di Indonesia dan menyebabkan harga kebutuhan pangan melonjak sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Akhirnya, kerupuk dijadikan salah satu makanan penyambung hidup lantaran harganya yang terjangkau.

Dahulu pelaksanaan lomba makan kerupuk hanya dilakukan oleh warga menengah ke bawah. Tetapi sekarang tradisi lomba makan kerupuk sudah berkembang dan merambah ke semua golongan masyarakat.

Sejarah Lomba Balap Karung

Lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang populer kedua ada lomba balap karung. Lomba balap karung menjadi salah satu tradisi lomba masyarakat Indonesia setiap peringatan 17 Agustus-an.

Pelaksanaan lomba balap karung juga cukup sederhana. Hanya dengan membutuhkan karung saja. Peserta masuk ke dalam karung dengan posisi berdiri lalu saling adu kecepatan untuk mencapai garis akhir dengan menggunakan karung itu.

Sejarah lomba balap karung ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan dan dikenalkan oleh Belanda. Dilansir dari detikTravel, awalnya permainan itu hanya diadakan di sekolah-sekolah saja. Karena gampang ditiru, akhirnya lomba balap karung mulai ramai digelar oleh masyarakat Indonesia.

Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak yang Populer dan SejarahnyaLomba Panjat Pinang: Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak | Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO

Sejarah Lomba Panjat Pinang

Lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang populer selanjutnya ada lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang merupakan salah satu lomba 17 Agustus-an yang menantang. Hal itu karena lomba panjat pinang mengharuskan peserta untuk memanjat untuk mendapatkan hadiah.

Sejarah lomba panjat pinang ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lomba panjat pinang mulanya adalah sarana hiburan orang Belanda di Batavia. Dulu, pada 1920-an, yang dipasang di puncak untuk diperebutkan adalah bahan makanan dan pakaian.

Mereka yang berlomba-lomba saling menginjak tak lain adalah kalangan pribumi. Yang ikut lomba pun bebas, siapa saja. Saling injak demi mendapatkan hadiah.

Anggapan bahwa panjat pinang merupakan warisan kolonial Belanda, dibenarkan oleh sejumlah peneliti sejarah. Dalam buku 'Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal' karya Fandy Hutari, disebutkan bahwa sekitar 1930-an panjat pinang merupakan hiburan bagi orang Belanda. Biasanya panjat pinang diadakan bersamaan dengan hajatan besar orang-orang Belanda.

Daftar Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak

Selain lomba-lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang telah disebutkan di atas, ada banyak lomba 17 Agustus untuk anak-anak lainnya yang dapat dijadikan sebagai ide untuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Berikut daftar 10 lomba 17 Agustus untuk anak-anak dalam menyemarakkan HUT RI mendatang, antara lain:

  • Lomba makan kerupuk
  • Lomba balap karung
  • Lomba panjat pinang
  • Lomba tarik tambang
  • Lomba pecah air
  • Lomba joget balon
  • Lomba balap bakiak
  • Lomba balap kelereng
  • Lomba memasukkan pensil dalam botol
  • Lomba gigit koin

Demikian, informasi seputar lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang bisa dijadikan ide lomba untuk perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2022 mendatang.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT