Wanti-wanti Menteri Hadi soal Mafia Tanah Agar Jajaran BPN Jaga Amanah

ADVERTISEMENT

Wanti-wanti Menteri Hadi soal Mafia Tanah Agar Jajaran BPN Jaga Amanah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 06:40 WIB
Polda Metro Jaya merilis pengungkapan kasus mafia tanah, Senin (18/7/2022). Hingga saat ini total sudah ada 30 tersangka yang ditangkap dan sebagian ditahan di Polda Metro Jaya.
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjano (tengah) menegaskan akan menindak tegas mafia tanah. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Belasan orang dari lingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) ditetapkan sebagai tersangka kasus mafia tanah di Jakarta dan Bekasi. Enam orang di antaranya merupakan pejabat aktif di BPN.

Terkait penangkapan oknum pejabat BPN ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mewanti-wanti agar jajarannya menjaga amanah dalam mengemban tugas-tugasnya.

Menteri Hadi Tjahjanto juga menegaskan akan menindak tegas anak buahnya yang terbukti terlibat mafia tanah. Hadi sekaligus meyakinkan akan melindungi jajaran yang bekerja sesuai aturan dan prosedur yang belaku.

Sejauh ini tim gabungan Satgas Antimafia Tanah di Kementerian ATR/BPN dan Polda Metro Jaya telah menangkap 30 tersangka. 13 di antaranya dari lingkungan BPN.


Menteri Hadi Ingatkan Jajaran Tak Main-main dengan Mafia Tanah

Dalam kesempatan jumpa pers di Polda Metro Jaya, Senin (18/7/2022), Menteri Hadi Tjahjanto mengingatkan soal mafia tanah yang merajalela. Oleh karena itu, mantan Panglima TNI ini meminta jajarannya agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Kita ketahui bersama, mafia tanah ada di mana-mana. Untuk itu saya perintahkan jajaran Kakantah/Kakanwil agar tak main-main dalam mengemban amanah yang diberikan oleh negara kepada kita. Sadarlah, rakyat butuh pelayanan kita dan butuh kenyamanan dan rasa aman," jelas Menteri Hadi Tjahjanto.

Hadi mengatakan pihaknya berkomitmen memberantas mafia tanah. Hadi Tjahjanto tidak ingin warga yang memiliki hak atas tanahnya harus kehilangan tanahnya akibat ulah mafia tanah.

"Kita tidak ingin mendengar ada rakyat yang miliki tanah sah tiba-tiba satu saat datang bulldozer harus digusur. Apabila ini perbuatan mafia tanah maka komitmen kami, kementerian, Polri, badan peradilan termasuk pemda akan bersinergi menyelesaikan masalah ini. Empat pilar kita bangun untuk berantas mafia tanah," tegas Hadi.


Baca di halaman selanjutnya: Menteri Hadi akan tindak tegas mafia tanah hingga ke akar-akarnya.

Simak Video: Modus-modus Mafia Tanah Buat Menteri ATR 'Gerah'

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT