ADVERTISEMENT

Ketua DPRD Bicara Kriteria Pj Gubernur Pengganti Anies: Yang Ngerti Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 13:28 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio
Foto: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi bicara soal kriteria Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan pada Oktober nanti. Prasetyo mengatakan ada satu syarat yang harus dimiliki Pj Gubernur DKI.

"Yang mengerti masalah Jakarta, udah kalau dari saya," kata Prasetyo saat dihubungi, Senin (18/7/2022).

Politikus PDIP itu juga menyambut baik rencana pembuatan Peraturan Mendagri yang mengizinkan DPRD mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur. Namun, dia menyatakan keputusan akhir soal Pj Gubernur berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya, nggak apa-apa juga. Semua keputusan Pj Gubernur nanti ada di tangan Mendagri yang disahkan oleh Presiden nanti, siapa presiden yang menunjuk keputusan presiden," ujarnya.

Lalu, kapan DPRD DKI Jakarta akan membahas nama-nama yang bakal diusulkan sebagai bakal Pj Gubernur DKI?

"Entar lah, SK-nya dari DPRD belum dapat," ujarnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian mengaku sedang menyusun Permendagri tentang aturan teknis pengangkatan Pj kepala daerah. Dalam aturan yang sedang dirancang itu, nantinya pihak DPRD dapat mengusulkan tiga nama calon Pj.

Tito mengaku hal tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat yang menginginkan agar penunjukan Pj lebih demokratis dan transparan.

"Memang ada beberapa aspirasi yang menginginkan agar mekanisme yang lebih demokratis dan transparan. Kita melihat demokratis ini kan tidak mungkin kita adakan Pilkada kan untuk penjabat ini, ini kan penugasan, sifatnya penugasan, undang-undang mengatakan demikian. Jadi kita akan membuka mekanisme meminta masukan kepada DPRD," kata Mendagri Tito Karnavian, di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (16/6).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT