Mendagri Pastikan 3 Provinsi Baru Papua Bakal Ikuti Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

Mendagri Pastikan 3 Provinsi Baru Papua Bakal Ikuti Pemilu 2024

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 13:28 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian (Screenshot YouTube KPU RI)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan 3 wilayah pemekaran Papua akan mengikuti Pemilu 2024. Hal tersebut berlaku untuk Provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

"Itu otomatis nanti (ikuti Pemilu). Kan di undang-undangnya (sudah tercantum), mereka pasti ikut lah," papar Tito setelah meninjau revitalisasi TMII, Minggu (17/7/2022).

Dengan demikian, ketiga provinsi baru tersebut akan melakukan pemungutan suara serentak dengan 34 provinsi lain pada 2024. Baik itu pemilihan legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilpres), pemilihan kepala daerah (pilkada).

Meski demikian, Tito belum menjelaskan terkait revisi Undang-Undang tentang Pemilu terbaru setelah ketiga provinsi tersebut disahkan. "Harus (ikut)," ungkapnya.

Sementara untuk wilayah Papua Barat Daya yang masih diusulkan di parlemen, eks Kapolri tersebut belum bisa memastikan bakal mengikuti Pemilu 2024 atau tidak. Bergantung pada anggarannya.

"Papua Barat Daya kan masih in progress, kalau anggaran cukup dieksekusi, kalau anggarannya enggak, di tahun yang lain," kata Tito.

Untuk diketahui, DPR telah menyepakati 3 undang-undang (UU) terkait pemekaran Provinsi Papua dalam rapat paripurna Kamis (30/6) lalu. UU Provinsi baru tersebut antara lain Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

Simak video 'Sah! Indonesia Tambah 3 Provinsi Baru di Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT