ADVERTISEMENT

Diduga Karena Tergenang Banjir, 2 Ruko di Gunung Putri Bogor Ambruk

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 16 Jul 2022 11:25 WIB
Dua buah ruko yang berlokasi di Pasar Pocong, Gunung Putri, Kabupaten Bogor dilaporkan ambruk pagi ini.
Dua buah ruko yang berlokasi di Pasar Pocong, Gunung Putri, Kabupaten Bogor dilaporkan ambruk pagi ini. (Wildan Noviansah/detikcom)
Bogor -

Dua ruko di Pasar Pocong, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, ambruk diduga akibat banjir dari luapan Sungai Cileungsi. Ruko tersebut berada di tepi sungai.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.35 WIB, Sabtu (16/7/2022), tampak permukaan tanah yang amblas. Selain itu, terlihat bangunan ruko dan barang-barang yang berserakan terjatuh ke sungai.

Tanah amblas juga membuat satu bangunan lain yang ada di lokasi menjadi miring. Namun, tepat di sampingnya, beberapa ruko tampak baik-baik saja.

Saat ini TKP ruko yang amblas sudah dipasangi garis polisi. Seorang saksi mata, Sari (56), menceritakan dua ruko ambruk pada pukul 06.30 WIB tadi.

Sebelum kejadian, dirinya mendengar suara seperti retakan. Saat itu juga dua ruko yang berdiri di sana perlahan ambruk terjatuh ke sungai.

"Ada suara terektek turun, terektek turun, sampai pelan-pelan amblas jatuh. Dua ruko ini, satu ruko ayam, satu lagi ruko penjual kelapa muda," kata Sari di lokasi.

Sari menuturkan, pemilik ruko sedang tidak ada di lokasi saat kejadian. Saat itu belum ada aktivitas di ruko.

"Nggak ada pemiliknya, rukonya tutup. Tapi barang-barang, kayak kulkas dan termos yang ada di dalam, jatuh ke bawah," ujarnya.

Sari belum mengetahui penyebab ambruknya ruko tersebut. Namun diduga karena banjir yang menggenang sejak tadi malam.

Sari mengatakan, di sekitar lokasi, ketinggian banjir kurang lebih 10 cm. Banjir terjadi sejak pukul 11.00 WIB hingga 02.00 WIB.

"(Penyebabnya) kurang tahu. Tapi mungkin karena banjir. Soalnya, semalam kan banjir di sini. Tanahnya nggak kuat kali," kata dia.

Sesaat setelah kejadian, warga sekitar kemudian menginformasikan hal tersebut kepada pemilik ruko hingga petugas kepolisian. Hingga kini, pemilik ruko belum berada di lokasi.

"Tadi sudah ditelepon, pemilik sama polisi. Tapi belum datang pemiliknya," pungkasnya.

Dua buah ruko yang berlokasi di Pasar Pocong, Gunung Putri, Kabupaten Bogor dilaporkan ambruk pagi ini.Dua ruko yang berlokasi di Pasar Pocong, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, ambruk pagi ini. (Wildan Noviansah/detikcom)

Simak Video 'Prakirawan BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Masuk Musim Kemarau, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT