Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

ADVERTISEMENT

Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 21:44 WIB
Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) | Foto: Getty Images/skynesher
Jakarta -

Cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) perlu diketahui oleh penduduk. SKTM merupakan salah satu dokumen kependudukan yang penting dan dibutuhkan dalam mengurus berbagai hal.

Lantas, bagaimana cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu? Simak informasi selengkapnya seputar Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) berikut ini.

Apa Itu SKTM? Ini Pengertian Surat Keterangan Tidak Mampu

Sebelum membahas tentang cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), perlu diketahui terlebih dahulu apa itu SKTM. SKTM adalah singkatan dari Surat Keterangan Tidak Mampu. SKTM merupakan surat yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat sebagai keterangan bagi penduduk atau keluarga yang kurang mampu.

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) adalah surat yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat di tingkat kecamatan. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sering kali dibutuhkan penduduk untuk mengurus berbagai kepentingan terutama berhubungan dengan biaya. Seperti biaya pendidikan, biaya berobat rumah sakit, hingga jaminan persalinan.

Syarat Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Apa itu SKTM sudah dipahami. Selanjutnya ketahui pula persyaratan mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), sebelum lanjut ke cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Dilansir dari laman resmi SIPPN Menpan RI, telah dijelaskan apa saja dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat mengurus SKTM. Berikut persyaratan mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM):

  • Membawa Surat Pengantar RT/RW
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Membawa fotocopy E-KTP

Perlu diketahui bahwa syarat mengurus SKTM bisa jadi di setiap daerah berbeda, namun pada dasarnya persyaratan utama yang dibutuhkan antara lain adalah sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Maka dari itu, penduduk yang hendak mengurus SKTM perlu menyesuaikan syarat dan ketentuan cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang berlaku sesuai domisili masing-masing.

Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) | Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong

Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Merangkum informasi yang diperoleh dari laman resmi SIPPN Menpan RI, berikut cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang perlu diketahui, antara lain:

  • Pemohon datang dengan membawa persyaratan pendukung ke kantor pelayanan SKTM setempat.
  • Melakukan pengecekan atau pemeriksaan berkas syarat pembuatan SKTM oleh petugas
  • Pengecekan berkas dan identitas pemohon oleh petugas setempat.
  • Apabila berkas dinyatakan lengkap, maka dilakukan pembuatan SKTM oleh petugas.
  • Pengesahan dengan penandatanganan SKTM oleh pihak yang berwenang.
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sudah siap dan diserahkan ke pemohon.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa alur cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di tiap daerah bisa jadi berbeda. Sehingga, pemohon perlu menyesuaikan kembali dengan aturan yang berlaku di kantor pelayanan di domisili masing-masing.

Waktu dan Biaya Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sudah diketahui. Selanjutnya, berapa lama waktu mengurus SKTM menjadi pertanyaan bagi yang hendak mengurus SKTM.

Waktu pengerjaan atau penyelesaian dalam mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di masing-masing tempat pelayanan berbeda-beda. Namun, setidaknya waktu penyelesaian dalam mengurus SKTM itu memakan waktu paling cepat sekitar 15 menit dan paling lama sampai 1 hari kerja.

Adapun tarif atau biaya yang dikeluarkan untuk mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) adalah gratis. Alias pemohon SKTM tidak dipungut biaya apapun.

Demikian, informasi seputar cara mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT