ADVERTISEMENT

Ustaz Hanan Attaki: Saya Bukan Anggota HTI, Simpatisannya Saja Bukan

Jemmi Purwodianto - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 15:39 WIB
Ustaz Hanan Attaki
Foto: Dokumen pribadi Tim Ustaz Hanan Attaki
Gresik -

Ustaz Hanan Attaki buka suara soal adanya pihak yang keberatan dirinya berceramah di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik. Hanan juga menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah terafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Dilansir dari detikJatim, Ketua Panitia ceramah bertajuk 'Konser Langit' Ustaz Affandi mengatakan Hanan Attaki meminta dirinya membantu memberi tahu masyarakat luas. Dia juga mengirimkan video klarifikasi Hanan kepada detikJatim.

Di video berdurasi 10 menit 32 detik itu, Hanan Attaki merespons pernyataan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik yang keberatan dirinya datang ke Gresik lantaran disinyalir sebagai mantan anggota HTI. Hanan Attaki sendiri dijadwalkan berceramah di Masjid Agung Gresik pada 30 Juli 2022.

"Melalui video ini saya ingin menjelaskan kekeliruan bahwa saya yang disinyalir sebagai eks anggota HTI. Ini jelas keliru, ini jelas salah, bahkan ini cenderung mengarah ke fitnah, karena tidak sesuai fakta dan realita," kata Hanan Attaki di video itu.

"Kenyataannya adalah, saya bukan anggota HTI. Jangankan menjadi anggota struktur, simpatisannya saja bukan," Hanan Attaki melanjutkan.

Rencana Hanan Attaki berceramah dalam Konser Langit di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim, Gresik, pada 30 Juli mendatang terancam batal. PCNU Gresik keberatan Hanan Attaki dakwah di masjid itu karena menyinyalir pendakwah asal Aceh itu eks anggota HTI.

"Informasi yang kami terima, memang benar penceramahnya Ustaz Hanan Attaki. Penceramah itu disinyalir eks anggota HTI. Ini bukan men-justice dia eks anggota HTI," kata Sekertaris PCNU Gresik Mohammad Syifaul Fuad dikonfirmasi detikJatim via telepon, Senin lalu (11/7).

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Deklarasi Dukung Anies: Ribut-ribut 'Bendera HTI' Hingga Diusut Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT