ADVERTISEMENT

Anggota DPR: Terlalu Cepat Penembakan Brigpol J Disimpulkan Terkait Pelecehan

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 11:02 WIB
Junimart Girsang
Junimart Girsang (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Penembakan oleh Bharada E terhadap Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir Polisi (Brigpol) J terjadi di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Anggota DPR Fraksi PDIP Junimart Girsang menyebut insiden penembakan sesama polisi tersebut penuh dengan misteri.

"Latar belakang tewasnya Brigadir Pol N Yosua Hutabarat harus diusut tuntas karena penuh misteri. Ini masalah nyawa dan nama baik institusi Polri dan keluarga besar almarhum NY Hutabarat," kata Junimart kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Junimart menyebut polisi terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa insiden penembakan tersebut berakar dari persoalan pelecehan seksual. Dia lantas mengungkit adanya dua kemungkinan Bharada E di bawah paksaan (overmacht) atau demi pembelaan (noodweer) dalam melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

"Kalau mencermati berita-berita dari Humas Polri, menurut saya, terlalu cepat menyimpulkan kejadian itu dengan dasar pelecehan. Pelecehan seksualkah atau pelecehan verbal? Ini harus clear. Beritanya menodongkan pistol, mestinya pengancaman dong, bukan pelecehan," ucapnya.

"Objektivitas Polri diuji dalam pengungkapan kasus ini. Sesama polisi saling tembak tanpa alasan yang rasional bisa diterima umum. Apakah sesederhana itu masalahnya sehingga terjadi saling menembak? Apakah Bharada E dalam posisi overmacht atau noodweer?" lanjut dia.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menyampaikan banyaknya tanda tanya yang belum terungkap dalam kasus tersebut. Dia menyebut mungkin ada sesuatu yang sifatnya sangat pribadi di balik insiden tersebut.

"Saya menduga ada sesuatu yang sifatnya sangat pribadi di balik kejadian ini, something wrong-lah. Kabareskrim pasti mampu mengungkap ini secara transparan dengan melibatkan ahli balistik, psikolog, dan mencermati sesungguhnya rumah tempat kejadian tersebut peruntukannya untuk apa?" tuturnya.

Sebagai informasi, selain anggota DPR RI, Junimart Girsang sendiri merupakan seorang pengacara kondang di Indonesia. Beberapa kasus besar juga sempat ditangani olehnya.

Anggota DPR dari dapil Sumatera Utara ini juga adalah kakak kandung pengacara kondang lainnya, yakni Juniver Girsang. Dia juga merupakan pendiri sekaligus pengacara di firma hukum bernama JnR.

Simak selengkapnya pernyataan Kapolri di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Hal Ganjil di Kompleks Irjen Sambo: Wartawan Diintimidasi-CCTV Diganti':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT