ADVERTISEMENT

d'Legislasi

Benarkah RUU Baru Bikin Sumbar Terapkan Syariat Islam?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 12:53 WIB
Baleg DPR-Pemerintah Mulai Bahas RUU TPKS Hari Ini
Foto: Ilustrasi pembahasan RUU (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)
Jakarta -

Revisi UU Sumatera Barat (RUU Sumbar) dinilai tidak membuka peluang bagi Sumbar untuk menjadi wilayah dengan perda syariah seperti Aceh. Adakah pasal yang bisa membuat Sumbar menjadi wilayah syariah?

Berdasarkan draf RUU Sumbar hasil Panja DPR per 20 Juni 2022 yang diterima detikcom, Kamis (14/7/2022), sempat muncul nilai falsafah adat basandi syara' basandi kitabullah. Nilai ini tertuang dalam Pasal 5 huruf C. Begini bunyinya.

Pasal 5
Provinsi Sumatera Barat memiliki karakteristik, yaitu:
c. adat dan budaya Minangkabau berdasarkan pada nilai falsafah, adat basandi syara', syara' basandi kitabullah sesuai dengan aturan adat salingka nagari yang berlaku, serta kekayaan sejarah, bahasa, kesenian, desa adat/nagari, ritual, upacara adat, situs budaya, dan kearifan lokal yang menunjukkan karakter religius dan ketinggian adat istiadat masyarakat Sumatera Barat.

Namun, isi Pasal 5 huruf C ini berubah di draf bersih RUU Sumbar. Tak ada lagi nilai falsafah adat basandi syara' basandi kitabullah.

Pasal 5
(1) Provinsi Sumatera Barat mempunyai batas wilayah:
c. sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, dan Kabupaten Muko-Muko Provinsi Bengkulu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT