ADVERTISEMENT

Jokowi Akan Teruskan Misi Damai Ukraina dan Rusia di KTT G20

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 11:07 WIB
Tahun berapa Jokowi lahir? Presiden Jokowi lahir pada tahun 1961. Hari ini, 21 Juni 2022 adalah ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 61.
Presiden Jokowi (Foto: dok. BPMI Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan perihal penyelenggaraan KTT G20 di Bali dalam sambutannya di upacara pelantikan perwira TNI-Polri. Jokowi ingin memanfaatkan forum tersebut untuk membangun ketertiban dunia.

"Bahkan kita tahun ini memimpin G20. Kumpulan 20 negara ekonomi terbesar dunia. Kita akan memanfaatkan untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama," kata Jokowi dalam sambutannya seperti dilihat di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7/2022).

Jokowi lantas mengatakan upaya membangun ketertiban itu sudah dia mulai dengan berkunjung ke Ukraina dan Rusia. Jokowi berharap upaya itu membuahkan hasil di KTT G20.

"Kita sudah memulai dengan kunjungan saya ke Ukraina dan Rusia bulan lalu, upaya ini akan terus kita lakukan dengan harapan akan membuahkan hasil di KTT G20 November yang akan datang di Bali," ujarnya.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia

Presiden Jokowi telah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky. Kunjungan Jokowi ke dua negara yang berkonflik itu untuk membawa misi damai.

Kunjungan pertama Jokowi bertemu dengan Zelensky di Kyiv, setelah itu bertemu dengan Putin di Moskow. Pada pertemuan dengan Putin, Jokowi menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi sesuai keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Meski situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi mengatakan penyelesaian damai sangat penting untuk terus dikedepankan. Jokowi menyatakan siap untuk menjembatani komunikasi Putin dan Zelensky.

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucap Jokowi.

Simak Video: Dubes Ukraina Bicara Soal Menlu Rusia Walk Out dari G20 Bali

[Gambas:Video 20detik]



(eva/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT