ADVERTISEMENT

Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik KRL hingga TransJakarta

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 20:02 WIB
Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik KRL hingga TransJakarta
Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik KRL hingga TransJakarta | Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Taman Ismail Marzuki terletak di wilayah Jakarta. Taman Ismail Marzuki atau yang sering disebut TIM ini merupakan salah satu pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta yang menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Lantas, bagaimana cara ke Taman Ismail Marzuki dengan transportasi umum? Simak informasi selengkapnya tentang cara ke Taman Ismail Marzuki naik KRL, MRT, dan TransJakarta berikut ini.

Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik KRL

Untuk menuju ke Taman Ismail Marzuki dapat dengan menaiki KRL Commuter Line Jabodetabek. Berikut informasi cara ke Taman Ismail Marzuki naik KRL:

  • Stasiun KRL terdekat dengan kawasan Taman Ismail Marzuki adalah Stasiun Cikini. Jarak dari Stasiun Cikini menuju ke Taman Ismail Marzuki adalah kurang lebih sekitar 2 kilometer.
  • Bagi keberangkatan dari Bogor dan Depok untuk menuju ke Stasiun Cikini dapat dengan menaiki kereta tujuan akhir Jakarta Kota.
  • Bagi keberangkatan dari Tangerang untuk menuju ke Stasiun Cikini dapat transit di Stasiun Duri terlebih dahulu, lalu menaiki kereta dengan tujuan turun di Stasiun Manggarai. Setelah itu, dapat menaiki kereta dengan tujuan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.
  • Dari Stasiun Cikini menuju ke Taman Ismail Marzuki dapat dengan jalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau dapat juga dengan menaiki transportasi ojek online.
Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik KRL hingga TransJakartaCara ke Taman Ismail Marzuki Naik KR, MRT, dan TransJakarta | Foto: Sylke Febrina/detikcom

Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik MRT

Untuk menuju ke kawasan Taman Ismail Marzuki dapat juga dengan menaiki MRT. Berikut cara ke Taman Ismail Marzuki naik MRT:

  • Stasiun MRT terdekat dengan kawasan Taman Ismail Marzuki adalah Stasiun MRT Bundaran HI. Jarak dari Stasiun MRT Bundaran HI ke Taman Ismail Marzuki adalah kurang lebih sekitar 2,7 kilometer.
  • Untuk menuju ke Stasiun MRT Bundaran Hi dapat dengan menaiki MRT dari sepanjang stasiun pemberhentian Lebak Bulus sampai dengan pemberhentian terakhir di Stasiun MRT Bundaran HI.
  • Dapat menaiki rute MRT mulai dari Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bundaran Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas, dan terakhir di Bundaran HI.
  • Dari Stasiun MRT Bundaran HI menuju ke Taman Ismail Marzuki dapat dilanjut dengan menaiki transportasi ojek online.

Cara ke Taman Ismail Marzuki Naik TransJakarta

Adapun cara ke Taman Ismail Marzuki naik TransJakarta adalah dapat dengan mengikuti rute dan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Rute busway TransJakarta untuk menuju ke kawasan Taman Ismail Marzuki adalah dengan menaiki TransJakarta koridor 5H dengan jurusan Kampung Melayu-Tanah Abang.
  • Atau dapat juga dengan menaiki TransJakarta koridor 6H dengan jurusan Senen-Lebak Bulus.
  • Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Timur dapat menaiki TransJakarta koridor 5H. Sementara, dari arah Jakarta Pusat dapat menaiki TransJakarta koridor 6H.
  • Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Barat dapat dengan menaiki TransJakarta koridor 2 B dengan jurusan Kalideres-Pulogadung. Transit di halte TransJakarta Senen, lalu naik TransJakarta koridor 6H.
  • Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Pusat dapat naik Transjakarta dari halte Terminal Bus Tanjung Priok. Turun di halte Pasar Senen, lalu lanjut menaiki Transjakarta koridor 6H.
  • Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Selatan dapat menaiki TransJakarta koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit, lalu turun di halte Kuningan Barat. Transit ke halte Kuningan Timur untuk menaiki TransJakarta koridor 6H.

Seputar Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Kabar terkini seputar revitalisasi Taman Ismail Marzuki sudah hampir selesai. Walaupun belum sepenuhnya rampung, namun pengunjung sudah dapat berkunjung ke kawasan Taman Ismail Marzuki. Kunjungan ke Taman Ismail Marzuki tentunya dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mulai banyak kegiatan pameran kesenian dan kebudayaan yang sedang dan akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki. Selain itu, pengunjung juga dapat mulai mendatangi Perpustakaan Jakarta yang baru-baru ini telah resmi dibuka.

Dengan adanya revitalisasi di Taman Ismail Marzuki tentunya banyak sekali perubahan yang membuat wajah baru Taman Ismail Marzuki menjadi lebih menarik untuk dikunjungi para warga.

Demikian, informasi seputar cara ke Taman Ismail Marzuki naik KRL, MRT, dan TransJakarta. Semoga bermanfaat.

Simak video 'Mengintip Wajah Baru Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT