ADVERTISEMENT

Tentang Maldives, Negara Tujuan Presiden Sri Lanka Melarikan Diri

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 17:44 WIB
Tentang Maldives, Negara Tujuan Presiden Sri Lanka Melarikan Diri
Foto: Getty Images/EXTREME-PHOTOGRAPHER / Tentang Maldives, Negara Tujuan Presiden Sri Lanka Melarikan Diri
Jakarta -

Maldives atau Maladewa menjadi negara tujuan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri. Ia pergi ke Maldives bersama istri dan seorang pengawalnya.

Lantas, bagaimana keadaan negara Maldives? Mengapa Presiden Sri Lanka melarikan diri ke negara itu? Berikut informasi selengkapnya.

Tentang Maldives, Negara Tujuan Presiden Sri Lanka Melarikan Diri

Dikutip dari AFP, Presiden Sri Lanka Rajapaksa, istrinya, dan seorang pengawalnya pergi ke Maldives untuk melarikan diri dari negara Sri Lanka. Mereka pergi dengan menggunakan pesawat militer.

"Rajapaksa melarikan diri dengan istri dan seorang pengawalnya dengan pesawat militer Antonov-32. Pesawat itu lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa pada Rabu pagi waktu setempat, menurut sumber imigrasi," demikian keterangan AFP, Rabu (13/7/2022).

Maladewa atau Maldives adalah negara yang terletak di sebelah selatan barat daya India. Lokasinya berada sekitar 700 km dari sebelah barat daya Sri Lanka. Maldives merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia

Dikutip dari laman resmi Visit Maldives, negara ini mempunyai 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Berdasarkan letak geografinya, Maldives adalah negara kepulauan di Samudra Hindia.

Ciri Khas Maldives: Negara Dominan Laut

Bentang alam negara Maldives yang dominannya adalah laut, menjadi ciri khas tersendiri bagi negara ini. Bahkan hanya 200 pulau saja di negara ini yang berpenghuni dan beberapa pulau yang dipilih di setiap atol itu adalah resort serta beberapa pulau digunakan untuk industri dan pertanian.

"Ciri khas negeri ini memukau pengunjung. Terumbu karang yang memberikan kelompok warna, pulau-pulau kecil mirip permata, dikelilingi pasir lunak yang paling putih dan dikelilingi oleh perairan dangkal yang paling jernih," tulis Visit Maldives.

Keindahan Maldives tidak hanya di atas air. Maldives adalah tempat tinggal sekitar lima persen terumbu karang di planet ini yang mempunyai ledakan warna yang disumbangkan oleh karang lunak dan keras yang membentuk mereka.

Oleh karena itu, terumbu karang hidup baik di laut negara ini yang menjadi rumah bagi seribu spesies ikan. Bahkan, Maldives menjadi rumah bagi hewan laut lainnya seperti ikan pelagik besar seperti pari manta dan hiu paus.

Sebagai negara dengan sumber daya Laut terbesar, Maldives memiliki kekuatan tersendiri dalam segi sektor pariwisatanya. Bahkan keindahan lautnya membuat negara ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan dan menjadi destinasi paling banyak diminati oleh seluruh dunia untuk datang.

Kondisi Geografis Maldives

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, ada sejumlah informasi seputar negara Maldives. Berikut poin-poinnya.

  • Luas wilayah: 298 km2 (daratan), 115.300 km2 (termasuk perairan)
  • Jumlah penduduk: 533.941 (projection) (2019: Maldives National Bureau of Statistics)
  • Bahasa: Divehi (adaptasi aksara Arab dan dialek Sinhala) dan bahasa Inggris digunakan dalam interaksi perdagangan dan urusan kepemerintahan
  • Agama yang dianut: Islam (Sunni, 100%)
  • Ibukota: Male'
  • Sistem Pemerintahan: Republik Presidensial

Alasan Presiden Sri Lanka Melarikan Diri ke Maldives

Berdasarkan keterangan dari AFP, Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Maldives. Dirinya berhasil kabur ke Maldives dengan pesawat militer.

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus angkatan udara," kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses itu kepada AFP.

Alasan Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke luar negeri sebelum mengundurkan diri adalah menghindari kemungkinan ditahan. Dikutip dari AFP, Gotabaya Rajapaksa telah berjanji pada akhir pekan untuk mengundurkan diri pada hari Rabu dan membuka jalan bagi "transisi kekuasaan yang damai".

Setelah janjinya tersebut, ia melarikan diri dari kediaman resminya di Kolombo tepat sebelum puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbunya. Bahkan sebelumnya, kepergian pemimpin Sri Lanka berusia 73 tahun yang pernah dikenal sebagai 'The Terminator' ini sempat gagal.

Simak Video 'Pakai Pesawat Militer, Presiden Sri Lanka Kabur ke Maladewa':

[Gambas:Video 20detik]



Hal tersebut terjadi karena ia terlibat perselisihan yang memalukan dengan personel imigrasi di bandara. Menurut sumber-sumber yang ada, petugas imigrasi menolak pergi ke ruang VIP untuk mencap paspor Rajapaksa, sementara ia bersikeras tidak akan pergi melalui fasilitas umum karena takut akan reaksi kemarahan dari pengguna bandara lainnya.

Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa menjadi sosok yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Hal itu karena Rajapaksa sempat didemo oleh rakyatnya dan diminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Permintaan pengunduran jabatannya tersebut datang dari rakyat Sri Lanka karena pergejolakan krisis ekonomi berkepanjangan di negara tersebut. Bahkan, kabarnya Rajapaksa akan mundur dari jabatannya pada 13 Juli mendatang.

Akhirnya, Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Maldives. Ia kabur ke Maldives ditemani istri dan seorang pengawalnya.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT