ADVERTISEMENT

Sepi Peminat, SD Negeri di Bandung Ini Hanya Punya 3 Murid Baru

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 11:58 WIB
SDN 206 Putraco Indah di Kota Bandung.
SDN 206 Putraco Indah di Kota Bandung. (Rifat Alhamidi/detikJabar)
Bandung -

SDN 206 Putraco Indah, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, sepi peminat pada PPDB 2022. Di sekolah ini, hanya ada 3 murid baru yang mengikuti pendaftaran hingga seleksi meski memiliki kuota sebanyak 56 siswa.

Lantas, apa yang menyebabkan SDN 206 mengalami sepi peminat pada PPDB 2022? Dilansir dari detikJabar, Rabu (13/7/2022), faktor utama yang membuat SDN 206 Putraco Indah sepi peminat adalah karena masyarakat melabeli sebagai sekolah inklusi. Jadi, orang tua ditengarai enggan menyekolahkan anaknya ke SDN 206 karena tidak mau anak mereka disatukan dengan anak berkebutuhan khusus.

Perlu diketahui, sekolah inklusi adalah sekolah yang memberikan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Di sekolah inklusi, baik anak yang berkebutuhan khusus maupun tidak akan belajar di kelas yang sama dan mendapat pendidikan tanpa dibeda-bedakan berdasarkan faktor apa pun.

"Jadi kalau saya lihat, masyarakat sudah melabeli kita dengan sekolah inklusi dan sekolah berkebutuhan khusus. Padahal pada dasarnya, sekolah kita itu sama sekolah reguler dan sekolah negeri," kata guru SDN 206 Putraco Indah, Septian Mulyadi, Selasa (12/7/2022).

Selain label inklusi, masalah faktor mindset orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah berlabel elite juga menjadi penyebab SDN 206 hanya mendapat 3 murid baru. Mengingat, SDN 206 lokasinya berdekatan dengan beberapa sekolah yang telah dilabeli sekolah favorit oleh masyarakat seperti SDN 257 Pelita, SDN 164 Karang Pawulang, hingga SDN 163 Buahbatu Baru.

"Jadi gini, kita itu dikelilingi sama beberapa sekolah elitelah, orang-orang juga pada tahu. Jadi secara mindset, orang tua itu lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah-sekolah itu," ujarnya.

Padahal berdasarkan pantauan, lokasi SDN 206 tidak terlalu sulit diakses masyarakat. Sekolah itu berada di tengah-tengah kompleks perumahan mewah yang berada di RW 04 Kelurahan Turangga, Kota Bandung.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga Video: Duh... SDN di Kulon Progo Nggak Dapat Murid Baru di PPDB Tahun Ini

[Gambas:Video 20detik]



(idh/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT