ADVERTISEMENT

Tembak Brigadir J, Kenapa Bharada E Tak Kawal Kadiv Propam?

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 11:25 WIB
Suasana di Rumah Kadiv Propam. (Rizky/detikcom)
Foto: Suasana di rumah Kadiv Propam Polri yang menjadi lokasi baku tembak Bharada E dan Brigadir J (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Bharada E terlibat baku tembak dengan Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir Yosua) di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Baku tembak berawal dari upaya Bharada E merespons teriakan istri Kadiv Propam.

Brigadir J maupun Bharada E adalah personel Polri yang melekat kepada Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Brigadir J adalah anggota Bareskrim yang ditugaskan sebagai sopir dinas istri Kadiv Propam. Sementara Bharada E bertugas sebagai pengawal Kadiv Propam.

Saat peristiwa baku tembak terjadi, Irjen Ferdy Sambo sedang tidak di rumah dinasnya di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel). Irjen Ferdy saat itu sedang keluar rumah untuk menjalani tes COVID-19.

Mengapa Bharada E tidak mendampingi Irjen Ferdy yang sedang tes COVID-19 hingga kemudian terlibat baku tembak dengan Brigadir J?

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto menjelaskan soal Bharada E yang tidak mendampingi Irjen Ferdy. Dia mengatakan saat itu Bharada E tengah mendapatkan tugas untuk mengawal putera Irjen Ferdy.

"Jadi memang Saudara RE itu ajudan dari Kadiv Propam, namun pada saat itu yang bersangkutan mendapat tugas untuk membantu mengamankan atau mengawal putera beliau ke luar kota," ujar Kombes Budhi dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (12/7/2022).

Peristiwa baku tembak itu terjadi pada Jumat (8/7) pukul 17.00 WIB. Pada hari itu, Bharada E sudah selesai mengantar putera Irjen Ferdy ke luar kota.

Rumah yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP) itu disebut sebagai rumah singgah untuk karantina untuk mencegah COVID-19. Rumah itu akan dipakai jika ada keluarga Kadiv Propam pergi ke luar kota.

Kombes Budhi mengatakan Bharada E maupun istri Kadiv Propam ada di rumah itu untuk karantina. Pada saat itu, Kadiv Propam keluar dari rumah untuk tes COVID-19.

"Maka sama dengan keluarga yang lain, yang bersangkutan juga melakukan isolasi terlebih dahulu sambil menunggu hasil tes PCR yang dia lakukan bersama keluarga yang lain," ujar dia.

Dia mengatakan putera Kadiv Propam tak ada di rumah tersebut karena posisinya sudah berada di luar kota.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Kasus Polisi Tembak Polisi Sampai ke Telinga Jokowi

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT