Zulhas Bagikan Minyakita Minta Anak Dipilih, PKB: Kok Kesusu Kampanye?

ADVERTISEMENT

Zulhas Bagikan Minyakita Minta Anak Dipilih, PKB: Kok Kesusu Kampanye?

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 14:21 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid menilai aksi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bagi-bagi minyak goreng gratis sambil meminta agar anaknya, Futri Zulya Savitri, dipilih dalam pemilu bukan hal yang tepat. Jazilul meminta Zulhas fokus bekerja sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Jazilul menilai sebaiknya Zulhas fokus bekerja membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Mendag. Dia juga menyoroti harga minyak goreng yang masih belum stabil.

"Itu mah kurang pantas. Fokus kerja bantu Pak Jokowi dulu, minyak goreng dan harga sawit masih belum stabil, kok kesusu (terburu-buru) kampanye?" kata Jazilul kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Jazilul kemudian mengingatkan aksi Zulhas dengan pepatah Jawa 'ngono yo ngono, mung ojo ngono', yang artinya 'begitu ya begitu tetapi jangan begitu'. Dia mengingatkan agar Zulhas tidak berlebihan.

"Kami ingatkan pepatah Jawa, ngono yo ngono, mung ojo ngono. Jangan keterlaluan, malu," ujarnya.

"Ini soal kepantasan saja," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, video viral yang dimaksud menampilkan Zulhas bersama putrinya, Futri, hadir dalam suatu acara. Zulhas menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut. Zulhas berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

"Ibu-ibu di sini katanya ada Minyakita, murah ya? Disuruh beli berapa?" kata Zulhas dalam video tersebut seperti dilihat, Senin (11/7).

Ibu-ibu yang ditanya Zulhas menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. Zulhas kemudian meminta ibu-ibu menyimpan saja uang Rp 10 ribu itu karena 2 liter Minyakita bakal dibayar Futri.

Selanjutnya, Zulhas meminta ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis memilih Futri. Ibu-ibu yang hadir terdengar mengiyakan Zulhas. "Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri ntar 2 bulan ada deh ginian," ujar Zulhas dijawab 'oke' oleh ibu-ibu yang hadir.

Simak pembelaan PAN di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Beredar Video Zulhas Bagi-bagi Minyak Goreng Sambil Promosikan Anaknya':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT