ADVERTISEMENT

Wagub DKI Dukung Imbauan Pakai Masker di Luar Ruangan, Akan Ada Razia?

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 18:31 WIB
Presiden Joko Widodo longgarkan kebijakan penggunaan masker. Diketahui, aturan itu hanya berlaku untuk aktivitas di luar ruangan dengan kondisi tidak padat.
Ilustrasi warga tetap menggunakan masker meski di luar ruangan karena waspada terhadap penularan COVID-19. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat untuk memakai masker di luar dan dalam ruangan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung imbauan Jokowi.

"Ya tentu kita mendukung, apalagi ada peningkatan COVID, tentu mendukung sekali," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (11/7/2022).

Saat ditanya kemungkinan adanya razia masker di Jakarta, Riza menjawab hal itu merupakan kewenangan Satpol PP. Dia mengatakan Satpol PP memiliki tugas untuk melakukan pengawasan dan monitoring di ruang publik.

"Tentu itu upaya Satpol PP sudah menjadi tugasnya untuk melakukan pengawasan monitoring razia," ujarnya.

Riza juga mengomentari soal munculnya 11 zona merah Corona di Jakarta. Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan berdisiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan meminta menggencarkan penyuntikan vaksin Corona.

"Tentu sekarang upaya kita akan terus meningkatkan protokol kesehatan sekalipun kita masih tetap di level 1 kami minta masyarakat hati-hati menggunakan protokol kesehatan secara patuh, taat, dan disiplin," kata Riza.

Riza meminta vaksinasi penguat (booster) untuk ditingkatkan. Menurutnya, vaksinasi menjadi salah satu upaya mengurangi penyebaran virus Corona.

"Dan juga kita dorong agar vaksin ke-3 atau booster digiatkan kembali. Kami sudah minta di jajaran Pemprov untuk dapat meningkatkan pelaksanaan vaksin di Jakarta. Ini salah satu upaya kita mengurangi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Jokowi Imbau Warga Pakai Masker Lagi

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan seluruh masyarakat perihal keharusan memakai masker di dalam dan luar ruangan. Sebab, pandemi COVID-19 belum berakhir.

Pernyataan Jokowi soal keharusan memakai masker di dalam dan luar ruangan itu disampaikan setelah menunaikan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7). Jokowi mengatakan pemakaian masker masih menjadi sebuah keharusan.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa COVID masih ada," kata Jokowi.

"Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," imbuh Jokowi.

Simak video 'Pesan Jokowi di Idul Adha: Covid Masih Ada, Pakai Masker!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT