Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak, KBRI Tokyo Sampaikan Dukacita

ADVERTISEMENT

Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak, KBRI Tokyo Sampaikan Dukacita

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 18:07 WIB
Kabar mengejutkan datang dari mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang ditembak di bagian dadanya saat berpidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Begini Sosoknya
Shinzo Abe (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia dalam proses perawatan usai ditembak. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo menyampaikan dukacita mendalam.

"Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, kami menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Shinzo Abe pada 8 Juli 2022," kata Dubes RI di Tokyo Heri Akhmadi lewat akun Twitter @KBRITokyo, Jumat (8/7/2022).

Dia mengatakan Abe merupakan salah satu negarawan yang dekat dengan Indonesia. Heri menyebut Abe merupakan motor bagi kemitraan strategis dan kuatnya hubungan Indonesia-Jepang.

"Abe-san merupakan salah satu negarawan yang dekat dengan Indonesia dan menjadi motor bagi kemitraan strategis dan kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. Kerja sama yang tidak hanya dilakukan di masa senang, tapi juga terus dilakukan di masa sulit," ujarnya.

Dilansir dari AP dan NHK, Shinzo Abe ditembak saat sedang berdiri menyampaikan pidato kampanye di Nara pukul 11.30 waktu setempat, Jumat (8/7). Kampanye itu dilakukan menjelang pemilihan umum untuk majelis tinggi parlemen yang digelar pada Minggu depan.

Tak lama setelah Abe tumbang, polisi menangkap seorang pria terkait penembakan Abe. Dilansir CNN, foto-foto penangkapan pria itu tersebar di media sosial. Pria yang belakangan diketahui sebagai eks angkatan laut Jepang itu tampak dipegangi sejumlah petugas.

Abe kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan usai ditembak. Media NHK dan Kyodo melaporkan Abe dalam kondisi henti jantung alias tidak menunjukkan tanda-tanda vital.

PM Jepang Fumio Kishida kemudian mengumumkan Abe dalam kondisi kritis. Dia mengatakan dokter sedang bekerja sangat keras untuk menyelamatkan nyawa Abe.

Abe dinyatakan meninggal dunia usai mendapat perawatan pukul 17.03 waktu setempat.

"Menurut seorang pejabat senior LDP (Partai Demokrat Liberal), mantan perdana menteri Abe meninggal di sebuah rumah sakit di kota Kashihara, wilayah Nara, di mana dia menerima perawatan medis. Dia berusia 67 tahun," kata NHK.

Simak video 'Usai Ditembak, Eks Perdana Menteri Jepang Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT