Viral Ceramah Ayah Bechi Bicara 'Kekerasan Lawan Kekerasan', Begini Konteksnya

ADVERTISEMENT

Viral Ceramah Ayah Bechi Bicara 'Kekerasan Lawan Kekerasan', Begini Konteksnya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 15:07 WIB
KH Muhammad Mukhtar Mukthi
Kiai Mukthar Mukthi. (Tangkapan layar YouTube OPSHID MEDIA)
Jakarta -

Potongan video sepanjang 9 detik berisi ucapan pemimpin Ponpes Shiddiqiyyah KH Muhammad Mukhtar Mukthi yang bicara 'kekerasan lawan kekerasan' beredar di media sosial. Setelah ditelusuri, potongan video itu merupakan bagian dari ceramah panjang Kiai Mukhtar yang juga merupakan ayah dari tersangka kasus pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi.

Ucapan Kiai Mukhtar Mukthi itu ramai di media sosial, salah satunya dikomentari oleh Denny Siregar yang heran dengan ucapan Kiai Mukhtar Mukthi, seperti dilihat pada Jumat (8/7/2022). Denny Siregar mempertanyakan sosok Kiai Mukhtar Mukthi.

Berdasarkan penelusuran, ucapan Kiai Mukhtar Mukthi itu merupakan bagian ceramah acara Mauidloh Chasanah Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah Syeikh Mukhtarulloh Almujtaba Doa Bersama yang digelar 20 Januari 2022 dan diunggah akun YouTube OPSHID MEDIA. Jadi momen dalam video itu, tidak terjadi pada beberapa hari terakhir, seperti yang dinarasikan sejumlah netizen. Durasi ceramah yang terekam dalam video tersebut sepanjang 1 jam 13 menit. Sebelum bicara 'kekerasan lawan kekerasan' Kiai Mukhtar Mukthi bicara soal kriminalisasi Ponpes Shiddiqiyyah.

"Baru ada berita saja Pondok Shiddiqiyyah dikriminalkan, dateng berbondong-bondong, siapa yang akan mengkriminalkan Pesantren Shiddiqiyyah? Apa jadi pesantren kriminal ta? Nggak ada. Opo maneh ada kejadian paksa, berita saja sudah berbondong-bondong. Saya tidak kepengin masalah itu. Harus tentram, tentram, sehat, rukun, jangan utik-utik Shiddiqiyyah," kata Kiai Mukhtar Mukthi.

Dalam video itu, Kiai Mukhtar Mukthi juga menepis anggapan bahwa dirinya banyak dipengaruhi oleh sang istri. Kiai Mukhtar Mukthi mengaku akalnya masih sehat dan tidak dipengaruhi oleh istrinya.

"'Ah istrinya itu, (mursyid) dipengaruhi. Mursyid dipengaruhi istrinya'. Nggak ada mursyid itu dipengaruhi! Sampai istrinya, nggak bisa mengaruhi saya! Wong saya itu mursyidnya wong jutaan, kok banyak dipengaruhi, dianggap rame, dianggap akal pikir saya itu buntu ta? Nggak ada yang memengaruhi saya itu. Nggak ada," ujarnya.

Sebagai pemimpin tertinggi Ponpes Shiddiqiyyah, Kiai Mukhtar Mukthi mengatakan dirinya tak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Keluarganya pun, kata Kiai Mukhtar Mukthi, tak akan bisa mempengaruhi dirinya.

"Karena itu mursyid tarekat Shiddiqiyyah, Indonesia, punya pengikut jutaan, nggak iso dipengaruhi, sampai keluarga saya mempengaruhi saya, nggak bisa. Saya punya akal, sehat, setiap hari membaca Alquran, sak maknane, sehari-hari itu, saya rekam dalam pikiran saya ini. Nggak gampang dipercaya. Mosok saya dipengaruhi? Ya tidak bisa," ucapnya.

Meski usianya sudah sepuh, apapun tantangan dan masalah dalam hidup akan dihadapi Kiai Mukhtar Mukthi. Bahkan, Kiai Mukhtar Mukthi mempertaruhkan hidupnya.

Simak video 'Drama Penangkapan Mas Bechi hingga Akhirnya Menyerahkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT