ADVERTISEMENT

Emak-emak Relawan Sandiaga di Bogor Gelar Pelatihan Buat Kerupuk Cakalang

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 09:44 WIB
Emak-emak Relawan Sandi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Relawan UKM Emak-Emak Sahabat Sandiuno Bogor menggelar pelatihan membuat kerupuk Cakalang di Saung Eling, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/7). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para emak-emak dalam membuat variasi produk UMKM.

Ketua UKM Emak-Emak Sahabat Sandiuno Bogor, Epoy berharap melalui pelatihan ini, para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang telah diajarkan untuk membantu perekonomian. Pasalnya, produk kerupuk merupakan bahan pokok yang sangat laku di pasaran.

"Setelah pelatihan ini, masyarakat tetap memanfaatkan jangan disia-siakan ilmunya, harus dikembangkan karena kerupuk ini menjadi bahan pokok makanan sehari-hari," kata Epoy dalam keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Epoy menambahkan program UMKM yang telah dijalankan mengacu pada program Sandiaga Uno. Ia menilai sosok Sandiaga menjadi teladan dalam mencari peluang usaha untuk pengembangan ekonomi. Epoy menyebut hal inilah yang membuat masyarakat menginginkan Sandiaga menjadi Presiden 2024.

"Ini kita pelajari dari program Pak Sandi. Beliau contoh suri tauladan yang baik. Kita nggak peduli kalo bicara masalah siapa yang akan mencalonkan, yang penting adalah bukti nyata. Beliau sudah memberikan dampak baik buat kami, terbukti dengan program pertumbuhan ekonomi, hingga penciptaan lapangan pekerjaan, itu semua berkembang jadi tidak hanya bicara," kata Epoy.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Siti Nurfazriah mengaku senang dengan bantuan pelatihan yang diberikan. Menurutnya, bantuan pelatihan tersebut dapat mengembangkan potensi masyarakat dalam memproduksi kerupuk. Tak hanya itu, Siti juga merasa program-program Sandiaga memberikan hasil nyata.

"Banyak emak-emak di kampung kita ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan, terutama dalam pelatihan kerupuk ikan cakalang. Semoga 2024 Pak Sandi jadi presiden karena memang program yang beliau jalankan itu nyata dan bisa membangkitkan UMKM di Indonesia," pungkas Siti.

Seperti diketahui, kegiatan ini akan berlanjut hingga pendampingan mulai dari pelatihan, packaging, hingga akses market yang telah disiapkan.

Simak juga 'Sandiaga Panen 337 kg Lele Bareng Warga di Jaksel':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT