ADVERTISEMENT

Tutup Masa Sidang DPR, Puan Soroti PMK hingga Legalisasi Ganja Medis

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 16:04 WIB
Paripurna DPR RI Kamis (7/7/2022). (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom).
Paripurna DPR RI Kamis (7/7/2022). (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)

Dalam rapat paripurna ini, DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemasyarakatan (RUU PAS) menjadi undang-undang. Puan menyebut UU Pemasyarakatan dibentuk untuk mengakomodir perkembangan hukum saat ini.

"UU tentang Pemasyarakatan perlu dibentuk untuk mengakomodasi perkembangan hukum dengan adanya pergeseran konsep perlakuan terhadap narapidana dengan pendekatan penjeraan menjadi tujuan reintegrasi sosial," kata Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu.

Puan mengatakan UU Pemasyarakatan mengedepankan upaya pembinaan untuk mengembalikan narapidana agar menyadari sepenuhnya kesalahan. Lewat UU ini, kata Puan, diharapkan narapidana tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum agar bisa kembali dan diterima masyarakat.

"Tentunya UU Pemasyarakatan menjadi penguatan terhadap sistem pemasyarakatan yang sejauh ini telah mengalami berbagai perkembangan dan dinamika sebagai bagian dari pendukung sistem peradilan pidana," kata Puan.

Selain itu, rapat paripurna DPR hari ini juga mengesahkan UU tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi. Rapat itu juga menyepakati RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dan RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya menjadi RUU usul DPR.

Setelah rapat paripurna penutupan masa sidang, DPR akan memasuki masa reses mulai 8 Juli hingga 15 Agustus 2022. Masa Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022 merupakan akhir tahun ketiga masa bakti DPR RI Periode 2019-2024.


(fca/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT