ADVERTISEMENT

Satpol PP Jakpus Razia PKL-PMKS di Masjid Istiqlal Jelang Idul Adha

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 13:40 WIB
Satpol PP Jakpus razia PKL dan PMKS di Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng.
Satpol PP Jakpus razia PKL dan PMKS di Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng jelang Idul Adha. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat (Satpol PP Jakpus) menertibkan pedagang kaki lima (PKL) dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng. Penertiban dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Hari ini kami melaksanakan penertiban kewilayahan yang menyangkut perayaan Idul Adha, supaya jemaah nyaman melakukan ibadah," kata Kepala Satpol PP Sektor Sawah Besar Darwis Silitonga di Masjid Istiqlal, Kamis (7/7/2022).

"Kami juga menjaga ketenteraman, ketertiban Lapangan Banteng yang sebagai icon Jakarta Pusat sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan dengan baik," sambung Darwis.

Darwis mengatakan tujuan penertiban agar masyarakat yang akan melakukan ibadah saat Idul Adha merasa lebih nyaman. Dia menyebut pihaknya juga mengamankan sejumlah PMKS di wilayah tersebut.

"Target kami adalah menghalau pedagang yang berdagang, kita akan menjaga lokasi tersebut. Kemudian kita mengamankan para PMKS yang ada di wilayah seputaran Masjid Iistiqlal dan Lapangan Banteng supaya mereka bebas dari PMKS," katanya.

Dalam razia itu, ada lima PMKS dan sejumlah gerobak PKL yang diamankan. Gerobak-gerobak tersebut dibawa ke kantor Satpol PP dan akan diajukan ke sidang yustisi.

"Gerobak yang kita amankan adalah karena mereka menempatkan gerobak di atas trotoar. Hari ini kita amankan supaya nanti mereka datang ke kantor, kita kembalikan lagi dan nanti kita ajukan ke sidang yustisi," jelas Darwis.

Dia mengatakan nantinya PMKS tersebut akan dibina oleh Dinas Sosial. Darwis mengatakan akan memberikan efek jera kepada para PKL dan PMKS.

"Kita berikan efek jera (sidang yustisi) jika itu bukan tempat mereka berdagang," tegas dia.

Simak Video 'MUI Bicara Hukum Berkurban dengan Hewan Bergejala PMK':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT