ADVERTISEMENT

Panglima TNI Kawal Kasus Karumkit LB Moerdani Dibunuh Bawahan

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 12:41 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Foto: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (dok. screenshot video YouTube Puspen TNI).
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku dirinya memantau kasus pembunuhan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) L.B Moerdani Merauke, Papua, Mayor Ckm dr Beni Arjihans, yang diduga ditikam pisau oleh bawahannya. Andika mengatakan dirinya mengawal kasus ini sejak pertama kali mendapat laporannya.

"Saya sudah kawal sejak pertama kali dapat laporan tentang insiden ini," tegas Andika kepada wartawan, Kamis (7/7/2022).

Dia menjelaskan tim hukum dari TNI telah dikerahkan. Andika memastikan proses hukum terkait kasus pembunuhan Mayor Ckm dr Beni Arjihans akan diusut tuntas.

"Dan Tim Hukum TNI akan pastikan proses hukum-nya berjalan sampai tuntas secara maksimal," ucap Andika.

Sebelumnya Anggota Komisi I DPR Christina Aryani meminta Andika Perkasa menginvestigasi kasus ini. Christina meminta Andika memberikan perhatian serius terkait kasus Karumkit L.B Moerdani tewas dibunuh bawahannya sendiri.

Christina lantas mengungkit kasus serupa yang pernah terjadi. Kejadian serupa yang dimaksudnya yakni peristiwa di Bali, pada 2016 ketika prajurit TNI AL bernama Kopda Muhammad Muslimin membunuh Serda Made Suwardi.

Dalam kasus tersebut, Kopda Muslimin mengaku sakit hati pada atasannya karena tidak diberikan izin cuti. Christina menilai kejadian ini tidak boleh terjadi lagi. Dia mengatakan TNI harus menunjukkan marwahnya sebagai institusi yang kuat dan kompak.

"Publik harus mendapat gambaran TNI itu institusi yang kuat dan kompak. Ketika ada kejadian sesama TNI seperti ini tentu mencoreng marwah institusi. Panglima TNI perlu beri perhatian serius kasus ini," ucap Christina dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

(aud/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT