ADVERTISEMENT

Wagub Bersyukur DKI Kembali PPKM Level 1, Minta Warga Disiplin Prokes

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 16:45 WIB
Monumen Nasional kembali dibuka setelah sempat ditutup akibat pandemi Corona. Dibukanya kembali tempat wisata itu disambut gembira oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka setelah sempat ditutup akibat pandemi Corona. Warga menyambut gembira. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku bersyukur Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta kembali ke level 1. Meski begitu, Riza tetap meminta warga disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Kita bersyukur PPKM diperpanjang oleh satgas pusat pemerintah pusat tetap di level 1, yang paling penting kami minta masyarakat tetap patuh taat disiplin dan bertanggung jawab untuk terus meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Riza juga mengingatkan warga untuk melengkapi dosis vaksin COVID-19 agar mencapai kekebalan komunitas (herd immunity). Jadi potensi penularan COVID-19 dapat ditekan.

"Karena memang pelonggaran sudah semuanya 100 persen tapi harus didukung dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga vaksin," sambungnya.

Riza juga mendorong percepatan vaskinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster. Dia meminta warga memastikan anggota keluarganya mendapatkan suntikan vaksin booster.

"Juga terus memastikan seluruh keluarga di rumah di lingkungan terdekat kerabat semua kita ajak untuk memastikan sudah mendapatkan booster atau vaksin yang ketiga," ujarnya.

Jabodetabek Kembali ke PPKM Level 1

Sebagaimana diketahui, PPKM wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, hingga Tangerang Selatan (Jabodetabek) kembali turun ke level 1. Padahal baru sehari sebelumnya, wilayah aglomerasi tersebut statusnya dinaikkan ke level 2.

Aturan terbaru itu tertuang dalam Inmendagri No 35 Tahun 2022. Inmendagri ini diteken Mendagri Tito Karnavian pada 5 Juli 2022 atau sehari setelah Inmendagri No 33 Tahun 2022. Instruksi menteri ini berlaku pada 6 Juli 2022 sampai 1 Agustus 2022.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1 (satu) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian bunyi petikan Inmendagri tersebut dikutip detikcom, Rabu (6/7).

Simak Video 'Jabodetabek Kembali PPKM Level 1, Inmendagri 33 Dibatalkan':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT