ADVERTISEMENT

5 Cara Generasi Muda Mengubah Dunia, Ayo Ikutan!

Tim berbuatbaik.id - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 18:42 WIB
Generasi muda di seluruh dunia ikut dalam aksi Sustainable Development Goals untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.
5 Cara Generasi Muda Mengubah Dunia, Ayo Ikutan! (Foto: berbuatbaik.id)
Jakarta -

Pada tahun 2016, para pemimpin dunia, termasuk Indonesia menyepakati aksi global yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Aksi ini disebut dengan Sustainable Development Goals.

Untuk mendukung aksi ini, banyak sekali generasi muda di seluruh dunia bahu membahu berkontribusi pada agenda global ini guna mengakhiri kemiskinan, memerangi ketidaksetaraan, dan mengatasi perubahan iklim yang dikabarkan akan terjadi pada tahun 2030.

Berikut adalah 5 cara yang dilakukan kaum muda yang dicatat PBB untuk mengubah dunia lebih baik.

1. Mengakhiri Kemiskinan dalam Bentuk Apapun

Di Negara Afrika bagian Timur tepatnya di Desa Burundi, pengetahuan menjadi kekuatan untuk mengakhiri kemiskinan. Seorang pemuda Bernama Bibliothèque sans frontières mengunjungi Burundi untuk menyebarkan IDEA box yaitu berupa perpustakaan yang menyediakan e-book, mainan dan permainan edukatif, perangkat seluler siap-internet, dan materi lainnya. Pemuda ini tentu membawa pembaruan untuk membangun masyarakat di tengah konflik senjata dan perang saudara di daerah tersebut.

2. Mengakhiri Kelaparan

Untuk mengakhiri kelaparan yang ada di seluruh dunia, Mercy dan Shetuuka, dua petani bersaudara menciptakan lapangan kerja di Namibia melalui pertanian ramah lingkungan. Dengan menggunakan irigasi tetes, usaha mereka menghasilkan 100.000 dolar Namibia setiap bulannya dalam bentuk ubi jalar, bawang, butternut, kubis, semangka, tomat, dan paprika hijau.

Gerakan para pemuda di seluruh dunia untuk membawa perubahan baik.Gerakan para pemuda di Papua New Guinea untuk membawa perubahan di dunia. (Foto: berbuatbaik.id)

3. Memastikan Ketersediaan Energi yang Terjangkau

Sejalan dengan upaya negara-negara untuk memenuhi target pengurangan gas rumah kaca sebagai bagian dari Perjanjian Paris tentang perubahan iklim, banyak orang yang mulai beralih ke solusi energi hijau.

Max dan Dariya salah satunya. Sejak berusia 14 tahun, mereka melakukan proyek sains tentang energi pintar hingga memenangkan juara ketiga dalam kompetisi sekolah di Astana, Kirgistan. Sekarang di kelas mereka, proyek sains remaja merupakan bagian rencana energi bersih untuk sekolah mereka.

4. Memastikan Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Pendidikan dan pelatihan keterampilan sangatlah penting untuk mempersiapkan generasi berikutnya agar nantinya siap untuk terjun di dunia pekerjaan.

Di Pantai Gading, industri Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa, para pemuda, mantan tentara, mempelajari keahlian yang mereka butuhkan untuk membangun infrastruktur di negara mereka.

5. Aksi Atasi Perubahan Iklim

Komunitas di seluruh dunia kini tengah mengatasi risiko dari banjir, kenaikan permukaan air, dan efek dari perubahan iklim lainnya. Anak muda di Papua New Guinea adalah salah satu dari ratusan anak muda yang mengabdikan diri menanam mangrove. Pohon-pohon ini melindungi masyarakat dari gelombang tinggi, menyediakan habitat untuk flora dan fauna serta sebagai tempat mengatur gas rumah kaca.

Sebagai generasi muda, tentunya gerakan itu menjadi inspirasi untuk mengubah dunia lebih baik. Pemuda sebagai agen perubahan mempunyai peran besar untuk menciptakan masa depan yang layak bagi semua manusia di seluruh dunia.

Jika kamu bingung apa langkah pertama untuk membuat dunia lebih baik, kamu bisa melakukan kebaikan yang sederhana. Caranya mulai berkontribusi di program #dimulai10k yang disalurkan melalui berbuatbaik.id

#dimulai10k merupakan kampanye yang digagas untuk mengajak generasi muda untuk melakukan perubahan hanya dari dari sepuluh ribu rupiah. Kampanye ini juga bertujuan untuk memutus rantai kemiskinan dan meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya berbagi agar dapat mewujudkan pendidikan dan kehidupan yang layak demi masa depan anak bangsa.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, kamu bisa mulai menjadi #sahabatbaik dengan berdonasi dan juga mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Lihat juga video 'Maudy Ayunda Bicara Peran Penting Generasi Muda untuk Selamatkan Bumi':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT