ADVERTISEMENT

Survei CiGMark: RK Maju Cawapres Bisa Dongkrak Elektabilitas Capres

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 15:13 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Nur Azis/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei CiGMark memaparkan hasil simulasi pasangan capres-cawapres yang akan maju di Pilpres 2024. Dari sejumlah nama tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) disebut dapat mendongkrak elektabilitas pasangan capresnya.

Survei tersebut digelar pada 9-17 Juni 2022 di seluruh Indonesia. Survei ini melibatkan 1.200 responden dengan usia 15 tahun ke atas pada 14 Februari 2022. Metode yang digunakan ialah multistage random sampling menggunakan computer assisted personal interview (CAPI). Survei ini dirilis pada Selasa (5/7/2022).

Berikut hasil survei simulasi kombinasi 3 capres-cawapres:

Anies Baswedan-RK (35%) vs Ganjar Pranowo-Erick Thohir (28,4%) vs Prabowo Subianto-Puan Maharani (20,4%).

Ganjar Pranowo-RK (38,1%) vs Prabowo Subianto-Erick Thohir (23,3%) vs Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (22,1%).

Prabowo-RK (37,7%) vs Ganjar-Puan (22,7%) vs Anies-Khofifah Indar Parawansa (19,6%).

Simulasi kombinasi 2 capres-cawapres:

Prabowo-RK (44,3%) vs Ganjar-Erick (33,2%)

Anies-RK (40,3%) vs Ganjar-Sandiaga Uno (36,1%)

Prabowo-RK (40,6%) vs Ganjar-Anies (37,9%)

Prabowo-RK (39,4%) vs Anies-Ganjar (36,7%)

Ganjar-RK (44,6%) vs Anies-Sandi (32%)

Ganjar-RK (42,7%) vs Prabowo-Anies (37%)

Prabowo-RK (48,4%) vs Ganjar-Puan (26,8%)

Anies-RK (42,4%) vs Ganjar-Erick (32,7%)

Founder CiGMark Setia Darma mengatakan sejumlah nama capres, seperti Prabowo, Ganjar, dan Anies, terdongkrak kala disandingkan dengan RK sebagai cawapres.

"Simulasi pasangan yang diujikan pada survei ini Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan mempunyai potensi dukungan ketika diposisikan sebagai calon presidennya. RK apabila diposisikan sebagai wakil akan memberikan daya dongkrak dukungan yang signifikan," kata Setia.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Fellow Centre for Strategic and International Studies Philips J Vermonte (CSIS) menerangkan RK dinilai memiliki komunikasi publik yang efektif. Di mana, pada 2024, mayoritas pemilih berpotensi masih berusia muda dan dekat dengan media sosial.

"Kelebihannya adalah dia ini organik. Melihat juga komunikasi Ridwan Kamil, publik kita pemilihnya juga anak muda ya komunikasinya ada di situ di Instagram, Twitter. Sehingga mungkin hari ini Ridwan Kamil sangat bisa efektif melakukan komunikasi publik yang konsisten," papar Philips.

Selain itu, RK disebut dapat menguatkan suara pemilih di Jawa Barat (Jabar). Provinsi ini menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pemilih.

"Kalau sebagai cawapres dia sangat kontributif pasangan dengan siapa saja. Saya kira itu persis suara Jabar ini bisa mengimbangi Jawa Tengah dan Jawa Timur atau setidaknya agar suara tidak terlalu timpang menangkan Jabar. Jumlah pemilihnya terbesar, dan dia di situ punya kontribusi," ungkapnya.

Simak juga 'Anies, Ganjar hingga Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres PAN':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT