ADVERTISEMENT

Sandiaga Sebut Program Juragan Lele Berhasil Ciptakan Peluang Usaha

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 09:57 WIB
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut program Juragan Lele yang dijalankan oleh Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK) efektif mendorong warga untuk membuka usaha. Salah satunya Enjang Sujana yang berhasil membuka warung makan pecak lele bakar di Danau Cavalio, Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang usaha," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa (5/7/2022).

Usai memanen ikan lele di lokasi, Sandiaga mengajak warga lainnya untuk ikut mengikuti jejak Mang Enjang dan berani berinovasi lewat program ini. Menurutnya, warga bisa menggunakan keahlian yang dimiliki setelah mendapat pelatihan hingga pendampingan dari program Juragan Lele Lalap.

"Kami berharap program ini bisa terus meningkatkan penghasilan warga, membantu ekonomi masyarakat, dan memberikan solusi atas naiknya biaya hidup," katanya.

Selain menggelar pelatihan dan pendampingan, Sandiaga juga memberikan bantuan alat produksi untuk warung lele bakar pecak Mang Enjang. Adapun alat produksi yang diberikan seperti panggangan hingga kompor gas.

Sementara itu, pemilik warung makan pecak lele bakar, Enjang Sujana atau yang akrab disapa Mang Enjang menyampaikan kasih atas program Juragan Lele Lalap yang telah diberikan. Ia menilai proses pendampingan hingga pelatihan yang diberikan memberikan banyak manfaat.

"Hasil panennya bagus, karena pendampingan dan pelatihan yang diberikan kompak. Berkat program sederhana ini, saya jadi punya peluang usaha usai terdampak pandemi," pungkas Enjang.

Sebagai informasi, program Juragan Lele Lalap telah dilakukan di beberapa lokasi. Melalui kegiatan ini warga diberikan pelatihan Budikdamber, kemudian didampingi hingga panen ikan lele dan dibantu proses pemasarannya.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT