ADVERTISEMENT

Cerita Emak-emak Garut Terpapar Radikalisme: Masuk Surga Bayar Rp 25 Ribu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 16:35 WIB
Tugu Garut Kota Dodol menjadi pro dan kontra warganet.
Tugu Garut Kota Dodol (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta -

Paham radikalisme disebut-sebut telah masuk ke 41 dari 42 kecamatan yang ada di Garut. Bahkan hingga ada cerita emak-emak yang percaya saat dijanjikan bisa masuk surga hanya dengan membayar Rp 25 ribu per bulan.

Dilansir detikJabar, Senin (4/7/2022) masuknya radikalisme di 41 kecamatan di garut ini ditampilkan dalam laman resmi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jabar, jabar.kemenag.go.id, dalam artikel berjudul 'Terpapar Radikalisme, Diiming-iming Surga'. Kepala Kantor Kemenag Garut Cece Hidayat saat dimintai konfirmasi menjelaskan, pernyataan tersebut merupakan ungkapan dari data yang diberikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Garut.

"Jadi, kami sampai dengan hari ini tidak mengetahui adanya terpapar seperti itu kan pernyataan dari Ketua PCNU ya, dan kami tidak punya data tentang itu," kata Cece

Selain itu, pihak Kemenag beberapa kali terlibat dalam proses deklarasi yang dijalani para mantan pengikut aliran radikal yang menyatakan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam deklarasi tersebut, terselip cerita menarik saat proses deradikalisasi itu.

Cece mengatakan salah satunya cerita emak-emak yang percaya dengan hanya membayar Rp 25 ribu dan tanpa beribadah dia bisa masuk surga.

Sang emak mengatakan, dia diajari oleh gurunya untuk tidak salat. Sebab, saat ini sang guru menyatakan keadaan sedang darurat karena sedang berjuang mendirikan Negara Islam Indonesia (NII). Sebagai gantinya, sang emak pun diminta untuk membayar infak sebesar Rp 25 ribu per bulan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Mahfud Ajak Jaga Masjid Agar Tak Direbut Paham Radikalisme':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT