ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

2 Eskalator Stasiun Manggarai Hanya Berfungsi Searah, Ini Penjelasan KAI

Mulia Budi - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 14:34 WIB
Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba
Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Eskalator di Stasiun Manggarai sudah berfungsi kembali setelah rusak beberapa kali. Namun sebagian pasangan eskalator terpantau hanya beroperasi naik meski dua tangganya berjejeran, sedangkan sebagian lain hanya turun. Ini bukan eror, melainkan memang disengaja.

"Stasiun dapat mengatur naik atau turun eskalator sesuai kebutuhan dan prioritas," kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, kepada detikcom, Senin (4/7/2022).

Anne mengatakan penerapan dua tangga eskalator untuk satu fungsi tidak hanya berlaku di Stasiun Manggarai. Pengaturan itu bergantung pada kebutuhan situasional di setiap stasiun.

"Di beberapa stasiun KRL untuk naik atau turun sesuai kebutuhan, kalau pernah ke Tanah Abang saat pandemi juga dilakukan di jam tertentu naik semua. Jam tertentu naik turun mengikuti flow dan trend, tujuannya 1 prioritas pelayanan," terangnya.

Diketahui, dua eskalator di main hall Stasiun Manggarai di lantai 1 hanya difungsikan untuk tangga naik, tidak ada tangga eskalator untuk turun. Eskalator itu ialah eskalator di lantai 1 menuju peron 6-7 di lantai dasar serta eskalator dari lantai 1 yang menuju peron 12-13 di lantai 2.

Anne mengatakan, meski hanya difungsikan untuk tangga naik, ada fasilitas lain yang bisa digunakan penumpang untuk turun. Dia menyebut agar tak kelelahan meniti tangga manual, penumpang prioritas seperti ibu hamil dan lansia bisa menggunakan fasilitas lift.

"Ditambahkan buat disabilitas, ibu hamil, lansia, dan pengguna yang membutuhkan turun dapat menggunakan lift," ujarnya.

Kondisi Stasiun Manggarai, Jaksel. Eskalator sudah hidup. 4 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Kondisi Stasiun Manggarai, Jaksel, 4 Juli 2022. Eskalator sudah hidup. (Mulia Budi/detikcom)

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, pukul 11.15 WIB, Senin (4/7/2022), tidak terlihat teknisi yang berada di Stasiun Manggarai untuk melakukan perbaikan eskalator. Tiga eskalator di lantai 1 atau main hall stasiun tampak sudah berfungsi.

Terlihat eskalator main hall stasiun di lantai 1 menuju peron 6 -7 di lantai dasar telah berfungsi usai sebelumnya sempat mati. Namun, dua tangga pada eskalator tersebut hanya dapat mengantarkan penumpang naik ke lantai 1 dari lantai dasar.

Kondisi Stasiun Manggarai, Jaksel. Eskalator sudah hidup. 4 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Kondisi Stasiun Manggarai, Jaksel, 4 Juli 2022. Eskalator sudah hidup. (Mulia Budi/detikcom)

Para penumpang dari lantai 1 yang hendak turun ke lantai dasar atau peron 6-7 dapat menggunakan lift. Fasilitas lift itu tampak masih berfungsi dengan baik.

Pada bagian bawah eskalator tersebut papan tanda perbaikan tidak lagi terpasang. Dua kerucut oranye diletakkan di sisi kanan dan kiri eskalator agar penumpang yang ingin naik ke lantai 1 melewati sisi tengah eskalator.

Lalu, eskalator main hall stasiun di lantai 1 menuju peron 12-13 di lantai 2 juga terlihat berfungsi. Namun, eskalator itu hanya berupa tangga naik sehingga tidak bisa mengantarkan penumpang yang hendak turun dari lantai 2 menuju lantai 1.

Lihat juga video 'Penumpang Minta Atap Bocor di Stasiun Manggarai Segera Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT