ADVERTISEMENT

Airlangga Tegaskan Koalisi Tak Bahas Sosok MenPAN Pengganti Tjahjo

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 12:14 WIB
Airlangga Hartarto melayat ke rumah duka Tjahjo Kumolo
Airlangga Hartarto melayat ke rumah duka Tjahjo Kumolo (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Menko Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyerahkan sepenuhnya pengisian jabatan MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Airlangga menegaskan pengisian jabatan menteri merupakan prerogatif presiden.

"Semua kewenangan Bapak Presiden, prerogatif Pak Presiden," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2022).

Saat ditanya mengenai apakah ada pembicaraan dengan koalisi mengenai pengisian jabatan tersebut, Airlangga mengatakan saat ini masih dalam suasana duka. Menurut Airlangga, pembicaraan mengenai pengganti Tjahjo tak elok dilakukan sekarang. Koalisi yang dimaksud adalah parpol-parpol pendukung Jokowi di pemerintahan saat ini.

"Tidak ada pembicaraan dan kita masih dalam suasana duka. Jadi agak kurang elok membicarakan mengenai tersebut," ujar Airlangga.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini juga menyampaikan pernyataan hampir serupa. Faldo mengatakan pengganti Tjahjo ingin dicari secepatnya tapi saat ini masih dalam suasana berduka.

"Tentunya kita ingin mencari pengganti secepat-cepatnya. Namun saat ini suasana masih dalam suasana duka dan tentunya butuh diskusi dan menyesuaikan dengan agenda-agenda Presiden lainnya. Kita tunggu saja keputusan Presiden seperti apa," ujar Faldo saat dihubungi, Sabtu (2/6).

Namun Faldo memastikan pemerintah mengupayakan fungsi tata kelola tetap berjalan. Untuk calon pengganti Tjahjo Kumolo, pemerintah dinilai akan mencari sosok yang tepat.

"Yang pasti, pemerintah akan mengupayakan fungsi-fungsi tata kelola berjalan dengan optimal. Adapun penggantinya nanti, tentunya merupakan sosok yang tepat," tuturnya.

(knv/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT