ADVERTISEMENT

Embun Es Bikin Penasaran, Dieng Diserbu Wisatawan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 19:34 WIB
Antrean kendaraan di kawasan Dieng, Minggu (3/7/2022). Banyak pelancong berdatangan karena penasaran dengan fenomena embun es.
Antrean kendaraan di kawasan Dieng, Minggu (3/7/2022). Banyak pelancong berdatangan karena penasaran dengan fenomena embun es. (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Jakarta -

Embun es yang muncul di kawasan Dieng pada Kamis (30/6) lalu membuat wisatawan penasaran. Akibatnya, jumlah pengunjung Dieng naik drastis hari ini.

Dilansir detikJateng, kondisi arus lalu lintas di kawasan Dieng Minggu (3/7/2022) siang dan sore hari macet. Kemacetan panjang terjadi di jalan menuju obyek wisata, baik ke Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Sikunir.

"Pengaruh embun es terhadap angka kunjungan wisatawan ke Dieng cukup tinggi. Sebelumnya pada hari libur itu sekitar 4 ribu per hari wisatawan yang masuk ke komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang," sebut Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng, Sri Utami, Minggu (3/7/2022).

Sedangkan kunjungan wisatawan pada hari ini melonjak hingga lebih dari 100 persen. Menurut Sri Utami, jumlah kunjungan pada hari ini mencapai 9 ribu wisatawan.

Namun demikian, ia tidak memungkiri jika banyak wisatawan yang tidak beruntung karena tidak bisa melihat embun es. Pasalnya, fenomena ini tidak muncul setiap hari.

"Setelah hari Kamis (30/6) kemarin embun belum membeku lagi. Memang ada banyak wisatawan yang bertanya," lanjutnya.

Simak selengkapnya di sini

(eva/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT