ADVERTISEMENT

Susi Didukung Maju Capres 2024, PPP: Kami Pertimbangkan Sosok Internal

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 17:39 WIB
Anggota Komisi III DPR yang juga Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani hadir di acara Hoegeng Awards 2022, Jakarta, Jumat (1/7/2022).
Arsul Sani. (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Relawan Komunitas Pendukung Ibu Susi (Kopi Susi) mendeklarasikan dukungan kepada eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan parpolnya masih mempertimbangkan sosok internal, yakni Ketum Suharso Monoarfa, untuk diusung maju capres.

Arsul mulanya mengatakan pihaknya menyambut baik deklarasi dukungan kepada Susi. Menurut Arsul, makin banyak sosok yang disuarakan untuk maju berlaga pada 2024 lantas akan menjadi masukan yang baik bagi para parpol.

"PPP menyambut baik elemen-elemen masyarakat menyuarakan sosok-sosok yang sudah dikenal baik kinerjanya sebagai capres atau cawapres, termasuk Bu Susi Pudjiastuti tersebut. Prinsipnya, semakin banyak sosok yang disuarakan untuk menjadi capres-cawapres ini bermakna feeding yang baik bagi parpol atau gabungan parpol sebagai pemegang mandat konstitusi dalam pilpres," kata Arsul kepada wartawan, Minggu (3/7/2022).

Arsul mengatakan sosok yang didukung dan para pendukungnya perlu membangun komunikasi dengan kalangan parpol agar mendapat tiket untuk berlaga di Pilpres 2024. "Tentunya sosok-sosok yang diangkat tersebut dan kelompok pendukungnya perlu membangun komunikasi dengan kalangan partai politik," lanjut Wakil Ketua MPR itu.

Lebih lanjut Arsul mengatakan parpolnya bakal melihat semua figur yang diangkat oleh elemen masyarakat untuk maju capres 2024. Meski demikian, Arsul menyebut saat ini PPP masih mempertimbangkan sosok internal untuk diusung capres 2024, yakni Ketum Suharso Monoarfa.

"PPP sendiri akan melihat semua sosok yang diangkat masyarakat tersebut, meski saat ini kami mempertimbangkan sosok-sosok internal maupun yang sudah lebih dulu disebut-sebut," kata anggota Komisi Hukum DPR ini.

"Saat ini dari internal PPP memang Pak Suharso," imbuhnya.

Deklarasi Dukungan Susi Maju Capres 2024

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti didukung menjadi alternatif calon presiden (capres) untuk 2024. Deklarasi tersebut datang dari ratusan Komunitas Pendukung Ibu Susi atau Kopi Susi.

Perwakilan dari komunitas tersebut, Amri, membacakan deklarasi di depan eks Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia itu. Amri menilai kehadiran Susi Pudjiastuti diperlukan untuk menangkal polarisasi politik.

"Kami bertekad mengawal dan menerapkan moral movement yang telah disampaikan Ibu Susi dalam bentuk nyata, yaitu jangan ada lagi polarisasi, katakan tidak pada korupsi, tenggelamkan oligarki, Indonesia untuk Indonesia," kata Amri dalam sambutannya di Griya Ardhya Garini, Jakarta, Minggu (3/7).

Dia kemudian mendeklarasikan Susi Pudjiastuti sebagai salah satu pemimpin di masa mendatang. Menurutnya, acara hari ini adalah langkah konkret yang bisa relawan berikan.

"Dengan ini mendeklarasikan komunitas Kopi Susi ini sebagai langkah konkret kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu alternatif calon pemimpin di masa depan," ungkapnya.

Ketua Panitia Kopi Susi, Virawati, mengatakan langkah tersebut didasarkan pada penilaian relawan. Mereka memandang Susi Pudjiastuti sebagai tokoh yang tegas yang tidak suka dengan polarisasi di politik.

"Kita lihat Ibu Susi sosok yang ideal, tegas, satu dengan moral movement yang disampaikan ke kita mulai dari jangan sebarkan kebencian. Oligarki dia nggak suka, polarisasi dia nggak demen. Kotak-kotak dalam dunia politik," imbuh Vira.

Vira kemudian menjelaskan awal terbentuknya komunitas pendukung Susi. Dia mengatakan hal itu berawal dari kejenuhan kondisi polarisasi intoleran yang akhirnya menimbulkan konflik di media sosial.

"Dari awal kita sebenarnya mulai dari Twitter, @PartaiSocmed, dia mencetuskan untuk mengumpulkan teman-teman yang jenuh dengan kondisi polarisasi intoleran, berantem mulu di media sosial. Ada oligarki yang memang agak-agak, kalau kita diam terus, begini terus Indonesia. Kita membentuk satu grup komunitas Kopi Susi," lanjutnya.

Pihaknya kemudian mengenalkan sosok Susi sebagai salah satu bakal calon presiden di 2024. Vira menilai Susi memiliki kinerja yang baik saat menjabat sebagai menteri.

"Berniat memajukan ibu Susi sebagai calon presiden. Kita coba perkenalkan kembali di masyarakat untuk sosok ibu Susi. Sebagai alternatif nggak itu-itu saja. Dari gerakan ibu Susi pas jadi menteri, memandang jauh ke depan untuk Indonesia-nya sendiri," tutupnya.

Simak juga Video: Susi Pudjiastuti Akui Sudah Ngobrol dengan Ketum Parpol soal Pilpres, tapi...

[Gambas:Video 20detik]

(fca/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT