ADVERTISEMENT

Ada 9 Negara Nuklir: Rusia Punya Paling Banyak, Indonesia Mau Ikut?

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 15:48 WIB
9 negara nuklir masih tercatat sebagai pemilik jumlah hulu ledak terbesar di dunia. Lantas, negara mana saja yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.
Ilustrasi pembangkit nuklir di salah satu negara nuklir, Prancis (Foto: AFP)
Jakarta -

Sampai saat ini, jumlah 'negara-negara nuklir' masih ada sembilan. Setelah Presiden Rusia Vladimir Putin tertarik membantu pengembangan nuklir di Indonesia, apakah RI bakal menjadi negara nuklir ke-10?

"Ada ketertarikan untuk mengembangkan industri tenaga nuklir nasional. Dengan pengalaman unik, kompetensi, dan teknologi yang tak tertandingi, Rosatom State Corporation bersedia mengambil bagian dalam proyek bersama," kata Putin yang berdiri di mimbar samping kiri Jokowi di Kremlin, Moskow, Kamis (30/6) kemarin.

Rusia Punya Paling Banyak Hulu Ledak

Terlepas dari isu ketertarikan Putin untuk membantu Indonesia soal nuklir, sembilan negara bersenjata nuklir terus melakukan pembaruan persenjataan nuklir mereka. Berdasarkan situs SIPRI, jumlah senjata nuklir mengalami perubahan antara Januari 2021 hingga Januari 2022.

Dari total inventaris sekitar 12.705 hulu ledak pada awal 2022, sekitar 9.440 berada dalam persediaan militer untuk penggunaan potensial. Kemudian, sekitar 3.732 hulu ledak dikerahkan dengan rudal dan pesawat, dan sekitar 2.000 hulu ledak adalah milik Rusia atau Amerika Serikat (AS).

"Semua negara bersenjata nuklir meningkatkan atau meningkatkan persenjataan mereka dan sebagian besar mempertajam retorika nuklir dan peran senjata nuklir dalam strategi militer mereka," kata Wilfred Wan, Direktur Program Senjata Pemusnah Massal SIPRI, dikutip dari situs SIPRI, Sabtu (2/7/2022).

9 negara nuklir masih tercatat sebagai pemilik jumlah hulu ledak terbesar di dunia. Lantas, negara mana saja yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.Sembilan negara nuklir masih tercatat sebagai pemilik jumlah hulu ledak terbesar di dunia. (Foto: Princeton)

Daftar 9 Negara Nuklir di Seluruh Dunia

Dilansir situs SIPRI, ada sembilan negara yang tercatat sebagai negara pemilik nuklir. Berikut nama negara beserta jumlah kepemilikan nuklir per tahun 2022.

  1. Amerika Serikat: 5.428
  2. Rusia: 5.977
  3. Inggris: 225
  4. Prancis: 290
  5. Cina: 350
  6. India: 160
  7. Pakistan: 165
  8. Israel: 90
  9. Korea Utara: 20

Terlihat, dari angka-angka di atas, Rusia punya nuklir paling banyak ketimbang negara-negara lain, termasuk lebih banyak dari AS. Rusia punya 5.977 hulu ledak, 550 lebih banyak dari Amerika Serikat. Padahal jumlah hulu ledak Rusia sudah berkurang dibanding setahun sebelumnya (6.255). Jumlah hulu ledak AS juga berkurang ketimbang tahun sebelumnya (5.550).

Kombinasi kekuatan nuklir kedua negara mencakup lebih dari 90% senjata nuklir global. Negara lain yang punya nuklir misalnya Inggris, China dan Prancis. Ada pula India, Pakistan, Israel, dan Korea Utara. Indonesia tidak termasuk.

Pernyataan Tegas 5 Negara Nuklir Dewan PBB

Lima anggota tetap (P5) bersenjata nuklir dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Dewan PBB) merilis pernyataan per 3 Januari 2022. Kelima negara tersebut yakni:

  • China
  • Prancis
  • Rusia
  • Inggris
  • Amerika Serikat

Isinya menyatakan bahwa 'perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan jangan pernah diperjuangkan'. Mereka juga menegaskan kembali komitmen untuk mematuhi perjanjian dan janji non-proliferasi, perlucutan senjata, dan kontrol senjata serta kewajiban mereka di bawah Traktat 1968 tentang Non-Proliferasi Senjata Nuklir.

Simak Video 'Terima Undangan KTT G20 dari Jokowi, Presiden Putin Bakal Hadir?':

[Gambas:Video 20detik]




(kny/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT