ADVERTISEMENT

Fadli Zon Setuju RI Garap Nuklir Bareng Rusia: Bukan untuk Senjata!

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 14:45 WIB
Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon memandang positif Presiden Rusia Vladimir Putin yang tertarik membangun nuklir di Indonesia saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Fadli Zon setuju dengan rencana itu selama nuklir yang dibangun bukan untuk senjata.

"Saya setuju (dibangun nuklir) dan bagus, untuk energi, bukan senjata tentunya," kata Fadli Zon saat dihubungi, Sabtu (2/7/2022).

Fadli Zon lalu menjelaskan alasannya mendukung rencana Putin tersebut. Dia menyebut energi nuklir bisa mempercepat pembangunan di Indonesia karena harganya yang relatif murah.

"Nuklir adalah alternatif energi yang baik selain sumber energi terbarukan (renewable energy). Reaktor nuklir untuk listrik tentu akan mempercepat pembangunan di Indonesia karena harganya murah. Perlu dipikirkan Indonesia punya reaktor nuklir dan ini bukan wacana baru," ucapnya.

Selain itu, Waketum Gerindra ini menyebut Indonesia dulu juga sempat mempunyai reaktor prototipe nuklir di tiga daerah. Menurutnya, rencana itu positif selama tujuan pembangunan nuklir untuk perdamaian dan energi.

"Nuklir untuk tujuan damai, untuk energi digunakan di banyak negara di Eropa, Amerika, dan lain-lain. Kita dulu bangun dan punya tiga reaktor prototipe nuklir untuk riset di Serpong, Bandung, dan Yogyakarta," ujar dia.

Simak selengkapnya pernyataan Putin di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Terima Undangan KTT G20 dari Jokowi, Presiden Putin Bakal Hadir?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT