Karangan Bunga Dukacita Terus Berdatangan ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

ADVERTISEMENT

Karangan Bunga Dukacita Terus Berdatangan ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 12:53 WIB
Jakarta -

Karangan bunga di rumah duka MenPAN-RB almarhum Tjahjo Kumolo, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan terus berdatangan. Karangan bunga berisi pesan ucapan duka itu berderet di halaman rumah duka.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (2/7/2022) pukul 12.20 WIB, suasana rumah duka terlihat sepi. Hanya ada petugas yang sedang berjaga di halaman rumah duka.

Karangan bunga yang bertuliskan ucapan duka tampak berjejer di halaman rumah duka. Karangan bunga itu di antaranya berasal dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, tampak sejumlah mobil bak terbuka terus berdatangan mengantar karangan bunga yang kemudian disusun di sekitar Jalan Widya Chandra. Salah satu pengantar karangan bunga, M Dalih, mengatakan karangan bunga memang terus berdatangan sampai hari ini.

"Sudah ya baru ngantar lagi. Semalam sudah dua kali sampai jam 12 malam, terus ini dapat lagi 2 baru saya antar lagi," kata Dalih.

Untuk diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia Jumat (1/7), pukul 11.00 WIB. Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Almarhum telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Keluarga turut mengungkap kondisi Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia. Menurutnya, Tjahjo sempat dirawat di tiga rumah sakit berbeda dengan penyakit yang sudah kompleks.

"Bapak kemarin sempat sakit, ada infeksi di perut terus menjalar ke paru, ke ginjal, ke liver dan sudah pakai bantu alat pernafasan. Alat bantu paru, jantung, cuci darah segala macam. Kondisi stabil ya harus pakai alat, jadi dokter semaksimal mungkin. Ada tiga rumah sakit, Abdi Waluyo, Harapan Kita, sama RSPAD," ujar Menantu Tjahjo Kumolo, Detri Warmanto, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT