ADVERTISEMENT

Momen Puan Berdoa dan Tepuk-tepuk Karangan Bunga di Makam Tjahjo Kumolo

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 19:24 WIB
Puan Maharani berdoa di samping makam Tjahjo Kumolo, di TMP Kalibata, Jaksel, Jumat (1/7/2022).
Puan Maharani berdoa di samping makam Tjahjo Kumolo. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri secara langsung pemakaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Seusai pemakaman, Puan berdoa tepat di samping makam Tjahjo, dan sempat menepuk-nepuk karangan bunga yang berada di atas makam.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (1/7/2022), proses pemakaman selesai pukul 18.00 WIB. Beberapa saat kemudian, Puan mendekat ke arah makam Tjahjo.

Setelah berada tepat di samping makam, Puan menaburkan bunga di atasnya. Baru kemudian Ketua DPP PDIP itu menepuk-nepuk karangan bunga yang berada di atas makam Tjahjo, lalu berdoa.

Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan tabur bunga di makam Tjahjo Kumolo. Tabur bunga ini juga diikuti oleh pihak keluarga.Momen Puan menepuk-nepuk karangan bunga yang berada di atas makam Tjahjo Kumolo. (Pradita Utama/detikcom)

Sebelumnya, Puan menceritakan kedekatan keluarganya, termasuk sang ibu, Megawati Soekarnoputri, dengan almarhum Tjahjo. Puan mengungkapkan kepergian Tjahjo membuat Megawati seperti kehilangan adik.

"Ibu Mega menyampaikan hal yang sama turut berdukacita. Beliau sangat bersedih hati karena kehilangan salah satu adik yang selama ini selalu ikut mendukung dan berjuang bersama," kata Puan di rumah duka Tjahjo Kumolo di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (1/7).

Dikuburkan Secara Militer

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Prosesi pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo akan dilakukan secara militer.

Hal itu disampaikan oleh Humas KemenPAN-RB dalam siaran pers, Jumat (1/7/2022). Jenazah Tjahjo Kumolo saat ini dibawa ke rumah dinas di Widya Chandra untuk dimandikan dan disemayamkan.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di Masjid Quba di kompleks Kementerian PAN-RB, Senayan, Jakarta Selatan. Selanjutnya jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan, untuk dimakamkan.

"Jenazah dibawa ke Masjid Quba Kementerian PAN-RB untuk disalatkan dirangkaikan dengan upacara persemayaman jenazah secara militer," lanjutnya.

"Jenazah selanjutnya dimakamkan di TMP Kalibata secara militer," imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan memimpin upacara pelepasan jenazah Tjahjo Kumolo tersebut.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Tjahjo wafat pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo.

Simak juga video 'Puan Ungkap Kedekatan Tjahjo Kumolo dengan Keluarga Mega':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT