ADVERTISEMENT

Sosok Irjen Akhmad Wiyagus Polisi Berintegritas Hoegeng Awards 2022

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 17:30 WIB
Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Irjen Akhmad Wiyagus penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2022 telah diumumkan. Irjen Akhmad Wiyagus dipilih oleh Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 sebagai penerima kategori Polisi Berintegritas Hoegeng Awards.

Penganugerahan Hoegeng Awards 2022 ini digelar di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Hadir di acara ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Lalu, bagaimana sosok Irjen Akhmad Wiyagus?

Saat awal diusulkan menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022, Irjen Akhmad Wiyagus adalah Kapolda Gorontalo. Namun kini, ia dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung.

Polisi 54 tahun itu merupakan mantan penggawa KPK. Irjen Wiyagus dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa dinego. Karena itulah ia dipilih Dewan Pakar masuk menjadi kandidat hingga akhirnya didapuk menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Kapolres Gorontalo AKBP Ahmad Pardomuan memberi kesaksian sikap integritas tentang atasannya itu. Menurut Pardomuan, Irjen Wiyagus menjaga diri dari situasi yang mengarahkan dirinya untuk menerima suap.

"Kapolda saja, kalau ingin bertemu dengan tamu di ruangan Kapolda, pasti ada orang lain yang bersama-sama," kata Pardomuan kepada detikcom, Jumat (18/3).

Irjen Wiyagus selalu menghindari berbicara berdua dengan tamu, terutama jika tamu tersebut hendak membahas suatu masalah dan berpotensi meminta bantuan dengan timbal balik suap.

Mantan anak buah Akhmad Wiyagus di KPK juga memberi kesaksian. Dia adalah Sagita Hariadin. Sagita menyebut Wiyagus yang saat itu masih berpangkat komisaris polisi (kompol) adalah pembelajar yang baik. Soal integritas, jangan ditanya lagi.

"Integritas tidak usah diragukan. Sampai saat ini ketika beberapa kali berkomunikasi, kesan saya beliau terlihat tidak ada perubahan seperti sebelumnya," ujar Sagita dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom.

Meski begitu, ada sisi negatif yang dikemukakan Sagita. Wiyagus dinilainya cukup emosional bila memeriksa calon tersangka yang berbelit-belit memberikan keterangan. Meski begitu, sifat itu muncul lantaran Wiyagus tidak suka pada penipu.

Selain antisuap dan berintegritas, Wiyagus juga dikenalnya sebagai sosok yang sederhana. Mantan Direktur Pengaduan Masyarakat KPK itu dikenal pula sebagai sosok yang loyal terhadap Polri.

"Taat pada Polri. Meskipun pernah menjabat sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat (yang seharusnya berhak yang berpangkat brigjen), karena beliau masih AKBP dan ditarik menjadi kapolres, beliau tetap taat dan loyal pada atasan," kata Sagita.

Tak hanya itu, Irjen Wiyagus juga dikenal sebagai atasan yang tidak bisa ditawar-tawar bila memberikan tugas. Ketegasannya berkesan di hati bawahannya, salah satunya Kapolres Gorontalo Kota AKBP Suka Irawanto.

"Selama saya menjabat hampir satu tahun tujuh bulan merasa baik, berintegritas, tegas, dan Kapolda (Wiyagus) tidak bisa dinego karena tugas. Kalau diperintah, harus dilaksanakan," kata AKBP Suka Irawanto.


*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

(fas/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT