Aipda Rohimah 'Polwan Kampung' Terima Hoegeng Awards: Ya Allah, Gemeter!

ADVERTISEMENT

Aipda Rohimah 'Polwan Kampung' Terima Hoegeng Awards: Ya Allah, Gemeter!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 16:28 WIB
Aipda Rohimah penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi (Tangkapan layar YouTube)
Aipda Rohimah penerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah menerima penghargaan Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi. Ia pun menyampaikan sambutan usai dinobatkan menerima penghargaan itu.

Aipda Rohimah membuka sambutan dengan sebuah pantun yang menyapa masyarakat Muara Gembong. Lalu ia mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat utama Polri lainnya.

Tak lupa Aipda Rohimah menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT. Ia mendedikasikan penghargaan itu untuk kedua orang tua, anak, dan sahabat-sahabatnya.

"Babeh-Ibu, nih Polwan kampung sekarang berdiri ada di sini, Beh. Ditonton oleh penggede-penggede, Beh, ya Allah, gemeter," kata Aipda Rohimah dalam sambutan di acara puncak Hoegeng Awards 2022, Jumat (1/7/2022).

"Ingat, takdir itu memang milik Allah, tapi doa dan usaha itu milik kita. Jadi teruslah doa dan berusaha sampai kata 'bismillah' menjadi 'alhamdulillah', ketika lelah menjadi lillah, ayo tergerak ayo bergerak berbagi bersama Polsek Muara Gembong," tambahnya.

Acara Puncak Hoegeng Awards 2022

Acara puncak Hoegeng Awards 2022 digelar hari ini. Acara penghargaan tersebut diawali dengan mengheningkan cipta atas meninggalnya Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Pantauan detikcom, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), acara dimulai pukul 14.00 WIB. Setelah acara dibuka, mengheningkan cipta sesaat untuk menghormati mendiang Tjahjo Kumolo dan Jenderal Hoegeng.

"Mari kita mengheningkan cipta sekaligus memanjatkan doa kepada putra-putri terbaik bangsa yang telah mendahului kita. Hari ini berita duka datang dari kabinet pemerintahan, Menteri PAN-RB Bapak Tjahjo Kumolo telah mendahului kita. Begitu juga dengan Bhayangkara-bhayangkara hebat negeri ini yang sudah menjadi benteng ibu pertiwi, termasuk Pak Hoegeng, teladan kita bersama. Mengheningkan cipta dipersilakan," ucap Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting di dalam acara tersebut.

Acara penganugerahan Hoegeng Awards 2022 dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hoegeng Awards 2022 itu juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, tokoh agama, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil.

Sekilas tentang Hoegeng Awards 2022

Hoegeng Awards 2022 mencari sosok polisi dengan tiga kategori, yakni Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi. Tiga kategori Hoegeng Awards tersebut didapatkan lewat proses diskusi panjang melibatkan berbagai pihak, mulai dari keluarga almarhum Jenderal Hoegeng, Divisi Humas Mabes Polri, Posko Presisi Polri, hingga Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, dan Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova.

Proses pencarian polisi teladan dimulai dari 14 Maret hingga 9 Mei 2022. Puluhan ribu pembaca detikcom merespons program Hoegeng Awards 2022 ini dengan mengajukan kandidat polisi terbaik versinya.

Lalu, detikcom melakukan seleksi awal para kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 dengan kriteria awal yang telah ditetapkan, salah satunya adalah pengecekan rekam jejak di Posko Presisi Polri. Pada tahapan selanjutnya, kandidat yang lolos seleksi awal dibagi menjadi tiga kategori dan Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 pada akhirnya memilih 3 penerima penghargaan tersebut.

Lihat video 'Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT