ADVERTISEMENT

Tjahjo Kumolo Akan Disalatkan di KemenPAN-RB dan Dimakamkan di TMP Kalibata

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 12:40 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta.

"Habis ini mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru dimandikan, kemudian akan disalatkan di masjid Kantor MenPAN-RB," kata anak pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).

Rahajeng mengungkapkan, setelah disalatkan di Masjid KemenPAN-RB, jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

"Setelah itu mungkin habis Asar atau setelah disalatkan disemayamkan di Kalibata," ujarnya.

Rahajeng juga menyampaikan ayahnya meninggal di RS Abdi Waluyo hari ini sekitar pukul 11.00 WIB. Dia pun memohon maaf jika sang ayah memiliki kesalahan.

"Saya mewakili keluarga Pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapak sudah berpulang hari ini hari Jumat pada jam kurang lebih jam 11.00 lebih. Saya sebagai anak pertama mewakili bapak mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," tutur Rahajeng.

Kabar Tjahjo Kumolo meninggal dunia dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang. "Iya (meninggal dunia)," kata Junimart saat dihubungi, Jumat (1/7).

Junimart mengatakan mendapat informasi dari Kepala BKN. Dia menyebut Tjahjo Kumolo meninggal pukul 11.10 WIB.

"Dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10 WIB," katanya.

Infeksi di Paru

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebelumnya dirawat intensif di rumah sakit (RS). Tjahjo disebut mengalami infeksi yang menyebar hingga paru-paru.

Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (26/6/2022). Rahajeng mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng.

Simak Video 'MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT