ADVERTISEMENT

Meninggal di RS Abdi Waluyo, Tjahjo Kumolo Akan Dibawa ke Widya Chandra

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 12:08 WIB
Sekjen KPK Cahya Harefa mengantarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menuju kendaraan dinas menteri di gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Tjahjo Kumolo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo. Jenazah Tjahjo Kumolo bakal dibawa ke rumah duka di Widya Chandra.

"Sekarang masih di RS Abdi Waluyo. Akan dibawa ke rumah dinas di Widya Chandra IV No. 22," kata politikus PDIP Eva Sundari saat dikonfirmasi, Jumat (1/7/2022).

Kabar Tjahjo Kumolo meninggal dunia dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang. "Iya (meninggal dunia)," kata Junimart saat dihubungi, Jumat (1/7).

Junimart mengatakan mendapat informasi dari Kepala BKN. Dia menyebut Tjahjo Kumolo meninggal pukul 11.10 WIB.

"Dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10 WIB," katanya.

Infeksi di Paru

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebelumnya dirawat intensif di rumah sakit (RS). Tjahjo disebut mengalami infeksi yang menyebar hingga paru-paru.

Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (26/6/2022). Rahajeng mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng.

Duka PDIP

Seskab Pramono Anung yang merupakan politikus PDIP kehilangan Tjahjo Kumolo sebagai tokoh yang mumpuni. Pramono mengatakan Tjahjo Kumolo sosok yang tidak banyak bicara tapi pekerjaannya dirasakan rakyat. Dia mengaku memahami betul cara pandang Tjahjo Kumolo semasa hidupnya.

"Mas Tjahjo ini tidak banyak omong dalam kerja tapi hasilnya sangat dirasakan. Kebetulan saya dan Mas Tjahjo sama-sama Sekjen PDIP, jadi saya paham betul cara berpikir Mas Tjahjo, kita berdua punya pandangan visi yang sama," ujarnya.

Dia mengatakan seluruh Indonesia kehilangan sosok Tjahjo Kumolo. "Jadi yang kehilangan bukan hanya PDIP tapi juga bangsa dan negara ini," imbuhnya.

Simak Video 'MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT