ADVERTISEMENT

Anies Cerita Uniknya Gapura Chinatown Glodok: This is Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 20:51 WIB
Anies Resmikan Gapura Chinatown Glodok
Anies meresmikan Gapura Chinatown Glodok ( Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gapura Chinatown di Glodok, Jakarta Pusat, diresmikan hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kawasan ini dulunya sempat memiliki gapura namun dihancurkan pada abad ke-18 saat pendudukan Jepang.

"Tempat ini berusia lebih 300 tahun dan kawasan ini dulunya berdiri gapura di sana. Gapuranya berdiri kira-kira abad ke-18. Lalu di era kepemimpinan Jepang gapura itu diruntuhkan, hilang gapura itu, sejak zaman Jepang dan sesudah itu gapuranya tidak pernah dibangun kembali," kata Anies Baswedan di Chinatown Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).

Kemudian, pada 2018 Anies bersama perwakilan etnis Tionghoa meninjau kawasan Chinatown Glodok. Di situlah muncul gagasan mendirikan kembali gapura yang sempat hilang.

"Tahun 2018 sekitar bulan Februari waktu itu, saya datang kemari. Pak Bambang Soemarko, Pak Anwar, Pak Yusuf waktu itu kita ngobrol sama-sama menyampaikan aspirasi, 'Pak, boleh tidak, Pak, kalau gapura yang dulu ada di sini dibangun kembali?' waktu itu saya katakan boleh sekali," ucapnya.

Namun eksekusi ide itu sempat tertunda selama beberapa tahun karena pandemi COVID-19. Kini Anies menyampaikan bahwa gapura itu kembali berdiri kokoh di lokasi yang sama dengan sebelumnya sekaligus menjadi ikon Kota Jakarta baru.

"Apakah ini menjadi Ikon Jakarta? Tentu. Justru ini menjadi pembeda karena gapura-gapura Chinatown di seluruh dunia," sebutnya.

Anies lantas memuji konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta ini karena dinilai unik dari Gapura Chinatown yang ada di dunia mana pun. Bangunan ini, kata dia, bertekstur dari unsur batu (berwarna abu-abu), cokelat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan budaya Betawi, dengan tulisan berwarna cokelat kayu.

"Yang menarik ini mungkin berbeda dari tempat-tempat yang lain. Di sini gapuranya tidak berwarna merah. Gapuranya berwarna apa? warna beton. Motifnya ada motif naga, ada motif awan, yang kira-kira melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Jadi nanti ini menjadi keunikan dibandingkan tempat-tempat lain di seluruh dunia. Biasanya gapura-gapura Chinatown itu berwarna merah, kuning. Di tempat ini berwarna beton," jelasnya.

"Sekaligus mengirimkan pesan, kalau lihat ada gapura warna beton langsung tahu this is Jakarta. Tetapi kalau warnanya merah, where is it? nggak tahu kita. Tapi kalau di sini, this is Jakarta," sambungnya.

Anies juga mengapresiasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) atas kolaborasi dalam merealisasi proses pembangunan Gapura Chinatown Jakarta.

"Semoga melalui pembangunan ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, tetapi juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita," ujar Anies.

Simak Video: Chinatown Glodok Jadi Wisata Walking Tour Paling Favorit

[Gambas:Video 20detik]



(taa/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT