ADVERTISEMENT

PKB Makin Dekat dan Mantap Berkoalisi dengan Gerindra

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 17:34 WIB
Muhaimin Iskandar dan Jazilul Fawaid.
Cak Imin dan Jazilul Fawaid (dok. MPR RI)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid berbicara soal perkembangan wacana koalisi PKB dengan Gerindra. Jazilul mengatakan hubungan PKB dengan Gerindra makin dekat.

"Makin mantap, sudah dekat. Tapi kan tentu kita belum memastikan untuk ke publik saja. Tapi koordinasi antara Gerindra dengan PKB tidak semua harus diungkapkan ke publik, kira-kira begitu. Tapi sudah semakin dekat," kata Jazilul kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Jazilul mengatakan PKB masih membuka komunikasi dengan partai lain selain Gerindra. Dia pun menyinggung partai yang belum menetapkan koalisi seperti Partai Demokrat, NasDem, PKS, dan PDIP.

"Ya memang kesepakatannya masih membuka komunikasi. Masih banyak partai-patai yang ngomong belum ada kristalisasi, misal Demokrat, NasDem, PKS, termasuk juga PDIP," jelas Jazilul.

Jazilul kemudian menjawab soal kapan deklarasi koalisi PKB dengan Gerindra diumumkan. Dia mengatakan deklarasi ada kemungkinan akan dilakukan pada 2023.

"Kita cari waktu yang pas. Tidak terlalu maju, tapi juga tidak terlalu telat. Ya kira-kira mungkin 2023 lah," ujar Jazilul.

Lebih lanjut, Jazilul bicara soal komposisi capres dan cawapres yang akan diusung. Dia pun menyebutkan dua nama, di antaranya Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Di antara dua itu. Pak Prabowo dengan Gus Muhaimin" ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT