ADVERTISEMENT

Wakil Ketua MPR Apresiasi Sistem Pendidikan dan Kedisiplinan di Akmil

Dea Duta Aulia - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 15:02 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengapresiasi sistem pendidikan dan kedisiplinan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Sebab sistem pendidikan yang diterapkan oleh Akmil bisa membuat para taruna menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai medan perang maupun non perang.

"Menjamin para taruna siap menghadapi medan pengabdian, menjaga juga mempertahankan bangsa dan negara. Baik dalam kondisi aman maupun situasi peperangan," kata Sjarifuddin Hasan dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat mendampingi Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika bersilaturahmi ke Akmil Magelang, Rabu (29/6).

Tak hanya disiplin, Akmil juga terus berupaya untuk memberikan beragam pelatihan kepada para taruna. Sehingga mereka para taruna bisa menjadi anggota TNI yang profesional memiliki pengetahuan dan kemampuan di dalam berbagai kondisi.

"Saya tadi juga menampung berbagai aspirasi, salah satunya agar memperjuangkan alat simulator menembak. Alat tersebut sangat dibutuhkan oleh para taruna Akmil, dalam mengasah keterampilan menembak. Dan sebagai anggota Komisi satu, mudah-mudahan alat ini bisa saya perjuangkan lewat DPR, untuk mendukung kemampuan para taruna Akmil," ujarnya.

Selain memuji sistem pendidikan, ia mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenang masa-masa SBY saat menjadi taruna di Akmil.

"SBY menggunakan momen silaturahmi ke almamaternya, itu untuk mengenang kembali perjalanannya selama empat tahun menjadi taruna Akmil. Khususnya saat menjabat sebagai Komandan divisi Korps Taruna. Pada kesempatan, itu SBY melihat dari dekat asrama yang dulu Ia gunakan untuk beristirahat dan melaksanakan tugasnya sebagai Komandan divisi Korps Taruna pada 1973. Saat ini rumah tersebut sudah diabadikan menjadi museum paviliun, memuat sebagian sejarah SBY selama di Akmil dan setelahnya. Selama kunjungannya di Akmil, SBY juga menyaksikan pertandingan persahabatan pra kompetisi Proliga bola volly antara Lavani dengan Tim volley taruna Akmil," katanya.

Ia menuturkan, banyak kisah inspiratif SBY yang bisa diikuti oleh taruna di Akmil. Ia juga mengingatkan agar taruna muda Akmil belajar secara sungguh-sungguh sehingga bisa menjadi tentara yang berkualitas.

"Tidak ada jalan lunak untuk mencapai cita-cita yang besar. Itulah salah satu pedoman hidup yang dipegang dan diyakini oleh SBY. Hasilnya, dalam museum, itu kita tahu ada belasan gelar doktor Honoris Causa yang diberikan kepada SBY," tutupnya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT