ADVERTISEMENT

Puan Pastikan DPR Awasi Pelaksanaan 3 UU Provinsi Baru Papua

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 14:44 WIB
Ketua DPR Puan Maharani usai rapat paripurna
Ketua DPR Puan Maharani usai rapat paripurna (Nahda/detikcom)
Jakarta -

DPR RI telah mengesahkan 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua untuk dijadikan Undang-Undang. Ketua DPR Puan Maharani memastikan DPR akan melakukan pengawasan pelaksanaan 3 UU Provinsi Baru Papua.

"Undang-undang terkait tentang Papua ini tentu saja sudah dilakukan dengan efektivitas yang kami rasa sesuai dengan mekanisme yang ada. Tadi sudah dilaporkan oleh Komisi II bagaimana kemudian mekanisme tahapan-tahapan dalam melaksanakan sampai akhirnya kemudian undang-undang ini hari ini bisa disahkan," kata Puan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Puan memastikan DPR akan terus melakukan pengawasan terkait pelaksanaan 3 UU Provinsi Baru Papua di lapangan. Puan berharap pengesahan 3 UU Provinsi Baru Papua dapat menjamin pemerataan ekonomi hingga pembangunan di Papua.

"Tentu saja DPR RI akan terus melakukan pengawasan terkait dengan pelaksanaan dari undang-undang ini di lapangan," ujar Puan.

"Namun memang harapannya keinginannya dan tentu saja cita-cita dari kita semua adalah yaitu tadi seperti kami sampaikan dengan undang-undang ini tentu saja menjamin pemerataan ekonomi sosial dengan pembangunan yang ada di Papua dan bisa bermanfaat buat rakyat Papua," sambungnya.

Lebih lanjut, Puan mengatakan dirinya berharap pembangunan infrastruktur dapat dilakukan secara merata. Hal itu, sambung Puan, demi kesejahteraan masyarakat yang ada si Papua.

"Terkait dengan Papua, ada 3 penambahan provinsi kami berharap bahwa pemerataan terkait dengan pembangunan infrastruktur dan ekonomi kemudian bisa dilaksanakan secara berkeadilan dalam melaksanakan semua hal yang terkait dengan kesejahteraan rakyat yang ada di Papua," jelas Puan.

DPR Sahkan 3 RUU Provinsi Baru Papua Jadi UU

DPR RI menggelar rapat paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022 hari ini. Dalam rapat paripurna itu, DPR menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua.

Pantauan detikcom, rapat paripurna digelar di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022). Terlihat hadir Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk F Paulus, Rachmat Gobel. Rapat paripurna dipimpin oleh Dasco.

"Selanjutnya kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU Provinsi Papua Selatan, RUU Provinsi Papua Tengah, dan RUU Provinsi Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?" tanya Dasco kepada peserta rapat.

"Setuju," jawab forum rapat.

Berikut ini 3 Provinsi Papua beserta Ibu Kota masing-masing:
- Ibu kota Provinsi Papua Selatan berkedudukan di Kabupaten Merauke
- Ibu kota Provinsi Papua Tengah berkedudukan di Kabupaten Nabire
- Ibu Kota Provinsi Papua Pegunungan berkedudukan di Kabupaten Jayawijaya

(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT