ADVERTISEMENT

Kementerian Perhubungan Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI

Dea Duta Aulia - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 14:06 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Kementerian Perhubungan kembali memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kemenhub Tahun 2021. Predikat tersebut merupakan WTP ke-9 yang didapatkan oleh Kemenhub secara berturut-turut.

"Alhamdulillah apa yang kita capai ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita. Saya juga sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan di Kementerian Perhubungan yang sudah membantu saya untuk mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian yang kesembilan kalinya," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Ia mengatakan, meskipun mendapatkan predikat WTP, Kemenhub tetap mendapatkan sejumlah catatan dari BPK. Ia memerintahkan agar jajaran di Kemenhub segera menyelesaikan sejumlah catatan yang diberikan oleh BPK.

"Kepada pak Sesjen, Irjen, para Dirjen dan Kepala Badan, serta seluruh jajaran agar memperhatikan catatan yang ada. Meskipun tidak fatal tetapi harus segera kita perbaiki agar kinerja kita semakin baik kedepannya," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK RI Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Nyoman Adhi Suryadnyana mengatakan pihaknya tidak menemukan sejumlah masalah signifikan terhadap Laporan Keuangan Kemenhub Tahun 2021.

Menurutnya, laporan tersebut tergolong wajar secara realisasi anggaran, laporan operasional, dan perbandingan ekuitas sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

"Opini WTP yang dicapai Kementerian Perhubungan selama sembilan tahun berturut-turut sejak tahun 2013 bukan merupakan hadiah dari BPK, namun merupakan komitmen dan kerja keras dari seluruh jajaran kementerian perhubungan dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara," tutup Nyoman.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT