ADVERTISEMENT

Perhutani Angkat Bicara soal Lahan Jadi Ladang Ganja di Cianjur

Ikbal Selamet - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 13:57 WIB
Ladang ganja di Gunung Karuhun Cianjur.
Ladang ganja di Gunung Karuhun Cianjur. (Ikbal Selamet/detikJabar)
Cianjur -

Ladang ganja di Gunung Karuhun Cianjur, Jawa Barat, dipastikan berada di atas lahan Perhutani. Diperkirakan ada 1 hektare lahan yang ditanami ganja oleh pelaku yang saat ini jadi buron.

Dilansir dari detikJabar, Kamis (30/6/2022), Plt Adm Perhutani Cianjur Rusliadi membenarkan ladang ganja tersebut berada di atas lahan Perhutani. Menurutnya, dari luas 10 hektare lahan, lahan Perhutani yang ditanami ganja oleh pelaku mencapai 1 hektare.

"Jadi dari 10 hektare itu tidak berupa hamparan, tapi tersebar di beberapa titik. Kalau ditotalkan jadi satu hamparan, sekitar 1 hektare lahan (Perhutani) yang ditanami ganja oleh pelaku," ucap Rusliadi.

Dia berdalih Gunung Karuhun masuk Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cikondang dengan luas 1.700 hektare. Petugas yang memantau KPH itu hanya ada enam orang. Jadi dimungkinkan petugas tidak tahu ada kegiatan masyarakat yang melanggar hukum.

"Jadi covering-nya (area pengawasannya) satu petugas berbanding 300 hektare. Hal ini memungkinkan petugas tidak tahu ada kegiatan masyarakat, salah satunya yang menanam ganja," kata dia.

Rencananya, petugas Perhutani akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah kejadian serupa. "Pertama kita akan sterilkan dulu Gunung Karuhun, kemudian kita juga pantau titik lain untuk mengantisipasi adanya aktivitas serupa," pungkasnya.

Baca selengkapnya di sini

Simak Video 'Menelusuri Lokasi Ladang Ganja di Lereng Gunung Karuhun Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT